PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SMA KELAS X

0613023052, YUNI WULANDARI (2010) PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SMA KELAS X. lebrary.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (204Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi terhadap guru-guru kimia SMA di Bandar Lampung, diketahui bahwa untuk memahami materi hukum-hukum dasar kimia dirasakan masih sulit oleh siswa. Hal itu disebabkan kurangnya praktikum dan LKS yang digunakan belum membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilan generik sainsnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dan animasi kimia berbasis keterampilan generik sains dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS kimia; (2) tingkat kemenarikan dan keterlaksanaan animasi kimia; (3) tingkat keterampilan generik sains siswa setelah penggunaan LKS dan animasi kimia; dan (4) tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan LKS dan animasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah uji ahli dan uji coba terbatas one group pre-tes and pos-tes. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas X-1 SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung. Penelitian dibagi menjadi 3 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan menggunakan teknik penskoran. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat keterbacaan sebesar 76,62% dan tingkat keterlaksanaan sebesar 73,56% dengan kriteria tinggi artinya sebagian besar siswa mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan LKS dengan baik ; (2) animasi kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat kemenarikan sebesar 70,11% dan tingkat keterlaksanaan sebesar 74,44% dengan kriteria tinggi artinya sebagian besar siswa menyukai dan mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan animasi dengan baik; (3) tingkat keterampilan generik sains siswa sebesar 0,65 untuk indikator pengamatan tak langsung dengan kriteria sedang; 0,55 untuk indikator bahasa simbolik dengan kriteria sedang; 0,67 untuk indikator pemodelan matematika dengan kriteria sedang, dan 0,50 untuk indikator membangun konsep dengan kriteria sedang; (4) guru dan sebagian besar siswa berpendapat bahwa penggunaan LKS dan animasi berbasis keterampilan generik sains ini sangat membantu siswa melakukan percobaan, merumuskan kesimpulan dan membuat siswa lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Animasi kimia, Keterampilan generik sains, LKS, Pengembangan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:37
Last Modified: 22 Jan 2016 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item