DESKRIPSI SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN PENGUNGKAPAN NILAI (Values Clarification Approach) PADA KELAS VII MTs. GUPPI NATAR

0513024051, Susilowati Puji Rahayu (2012) DESKRIPSI SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN PENGUNGKAPAN NILAI (Values Clarification Approach) PADA KELAS VII MTs. GUPPI NATAR. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Berdasarkan observasi di MTs. GUPPI Natar belum tampak bahwa siswa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari kurangnya kebersihan kelas dan lingkungan sekolah. Keadaan ini mendorong untuk dilakukannya penelitian mengenai sikap siswa kelas VII MTs. GUPPI Natar terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa terhadap lingkungan melalui pendekatan pengungkapan nilai (values clarification approach). Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. GUPPI Natar. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen perlakuan tunggal. Data penelitian adalah data kualitatif yaitu data tentang sikap siswa terhadap lingkungan yang diperoleh melalui hasil observasi dan angket. Data dianalisis persentasenya dan diulas secara deskriptif. Susilowati Puji Rahayu Hasil penelitian menunjukkan : (1) Sikap siswa terhadap lingkungan meningkat pada pertemuan kedua dengan kriteria sikap tertinggi dari rendah pada pertemuan pertama menjadi sedang pada pertemuan kedua ; (2) Sikap siswa terhadap lingkungan dengan kriteria tinggi lebih tinggi dibanding kriteria lainnya. Kata kunci : deskripsi sikap, lingkungan, pendekatan pengungkapan nilai (values clarification approach)

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:38
Last Modified: 22 Jan 2016 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item View Item