UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH KEPERLUAN RUMAH TANGGA DI PERMUKIMAN KUMUH (Studi Pada Masyarakat di Lingkungan III Kelurahan Kota Karang Kota Bandar Lampung)

NN, TRIA ALBAET NUR AD (2012) UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH KEPERLUAN RUMAH TANGGA DI PERMUKIMAN KUMUH (Studi Pada Masyarakat di Lingkungan III Kelurahan Kota Karang Kota Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (92Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangga di RT 8 Lingkungan III Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung Tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan teknik analisis persentase. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang bermukim di atas air laut RT 8 Lingkungan III yang berjumlah 22 kepala keluarga. Sedangkan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini data primer diambil dengan menggunakan teknik kuesioner dan teknik observasi, sedangkan data sekunder diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air bersih rumah tangga belum mencapai standar kota yang ditetapkan yaitu 100-150 liter/orang/hari yaitu pemakaian air bersih per kapita per hari rata-rata 59 liter atau 3 jerigen (1 jerigen = 20 liter) yang digunakan untuk minum, memasak, mandi dan mencuci. Sedangkan untuk sumber air bersih yang digunakan responden hanya ada dua sumber air yang dimanfaatkan oleh penduduk di RT 8 Lingkungan III Kelurahan Kota Karang, yaitu air PAM yang digunakan untuk minum dan memasak dan air laut/payau yang diambil menggunakan pompa kodok yang ditancapkan ke dasar laut untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan mandi dan mencuci. Adapun upaya yang dilakukan oleh rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangga dilakukan dengan cara membeli dan tidak membeli. Air yang dibeli oleh masyarakat yaitu air PAM yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan minum dan memasak. Sedangkan untuk air yang tidak membeli masyarakat menggunakan air laut/payau yang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama untuk mandi dan mencuci.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:39
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir