0613032049, YULINDA WIDIASTUTI (2012) PERANAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENANAMAN NILAINILAI DEMOKRASI PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UATARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Aktivitas Pembelajaran Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan memegang peranan yang penting dalam membangun sikap yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi, karena dengan dengan pembelajaran PKn siswa akan ditransformasi dan ditanamkan, nilai-nilai yang harus mereka pertahankan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan informasi bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berperan penting dalam penanaman nilai-nilai demokrasi pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Bukit Kemuning Lampung Utara tahun pelajaran 2009/2010. Nilai-nilai demokrasi bukan hanya untuk diketahui dan dipahami saja, tetapi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari itulah tujuan utama dari penyampaian materi demokrasi. Kenyataan-nya tidaklah demikian bagi siswa SMP Negeri 4 Bukit Kemuning Lampung Utara Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini terlihat dari tata sikap siswa yang masih sering mengacuhkan nilai-nilai demokrasi yang seharusnya diwujudkan dalam kehidupan kesehariannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui metode angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan persentase data yang menyatakan peranan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn yang termasuk dalam kategori kurang aktiv adalah 2,63%, pada kategori cukup aktiv adalah 55,26%, dan pada kategori sangat aktiv adalah 42,11%. Sedangkan hasil persentasi data tentang penanaman nilai-nilai demokrasi yang termasuk dalam kategori kurang ditanamkan adalah 5,62%, pada kategori cukup ditanamkan adalah 31,57%, dan pada kategori ditanamkan adalah 63,15%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan hubungan yang signifikan antara peranan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dalam penanaman nilai-nilai demokrasi, ini dibuktikan dari hasil perhitungan X2hit X2tab yaitu 23,75 9,94. Sementara itu derajat keeratannya adalah C=0,62.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:41 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18934 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |