KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERDASARKAN REALITAS SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NN, Yunestia Forentina (2012) KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERDASARKAN REALITAS SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu tahun pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 198 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Dalam penetapan sampel, peneliti menetapkan 15% dari jumlah populasi setiap kelas secara acak sehingga diperoleh jumlah sampel keseluruhan, yaitu 30 siswa. Data kemampuan menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah diambil melalui tes tertulis. Tes ini berupa tugas menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah yang dilakukan berdasarkan pengamatan langsung oleh siswa dengan alokasi waktu 90 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu tahun pelajaran 2009/2010 tergolong baik dengan persentase 71,25%. Kemampuan menulis teks berita berdasarkan realitas sekolah ditinjau dari masing-masing aspek, yaitu (a) sistematika tulisan tergolong baik dengan persentase 78,67%, (b) judul berita tergolong cukup dengan persentase 65,0%, (c) kelengkapan informasi tergolong baik dengan persentase 83,33%, dan (d) kebahasaan tergolong kurang dengan persentase 53,00%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:41
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir