PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0513031054, Zefry Simburay (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (129Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Prestasi belajar merupakan hasil yang didapat atau diperoleh anak didik selama mengikuti proses pembelajaran. Prestasi belajar yang dicapai anak didik merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (internal) maupun dari luar diri (eksternal) individu. Faktor internal meliputi, kecerdasan, bakat, minat, perhatian orang tua, motivasi, kesehatan jasmani, dan cara belajar siswa itu sendiri. Faktor eksternal meliputi keluarga, lingkungan, guru, masyarakat, sekolah serta peralatan belajar atau sarana belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan prestasi belajar ekonomi (2) Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survei. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 170 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan korelasi product moment, regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,396 atau 39,6%, (2) ada pengaruh ketersediaan fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,288 atau 28,8%, (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,455 atau 45,5%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:42
Last Modified: 22 Jan 2016 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18949

Actions (login required)

View Item View Item