PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM (PTK pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010)

0543023036, DWI YULYANI (2012) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM (PTK pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (73Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata tes formatif siswa pada materi asam, basa, dan garam masih rendah yaitu 48% yang memperoleh nilai 68. Hal tersebut disebabkan karena aktivitas siswa masih rendah dalam proses pembelajaran. Siswa juga jarang melakukan praktikum, sehingga siswa kurang terlatih untuk melakukan keterampilan proses sains. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses sains pada materi asam, basa, dan garam adalah dengan penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan pada materi asam, basa, dan garam dalam meningkatkan aktivitas on task dan keterampilan proses sains siswa. Dwi Yulyani Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam, basa, dan garam dengan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan (1) tiap jenis aktivitas on task dari siklus I ke siklus II, yaitu aktif dalam diskusi kelompok sebesesar 32,8%; bertanya kepada guru: 25%; memberi pendapat: 26,6%; dan menjawab pertanyaan dari guru: 26,5%, (2) tiap jenis keterampilan proses sains siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu indikator mengklasifikasikan sebesar 3,8%; indikator menyimpulkan: 14,4%; indikator mengkomunikasikan: 7,5% ; dan indikator observasi sebesar 23,92%, bila dilaksanakan dengan cara melatihkan keterampilan proses sains pada siswa melalui praktikum dan penggunaan LKS selama proses pembelajaran. Kata kunci: aktivitas on task, keterampilan proses sains, dan metode eksperimen berbasis lingkungan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:42
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir