PROFIL KEMAMPUAN GURU KELAS IV SD DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN

0543024029, MARYENI NOVA YANZE (2010) PROFIL KEMAMPUAN GURU KELAS IV SD DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN. lebrary.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kelas IV SD dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung, khususnya kemampuan guru dalam merencanakan penilaian, kemampuan guru dalam mengkontruksi instrumen penilaian, dan kemampuan guru dalam menentukan nilai akhir siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas IV SD yang mengajar IPA. Data penelitian adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang berupa skor kinerja guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari silabus, angket dan penilaian produk soal. Sedangkan data kualitatif berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari wawancara, lembar observasi, dan studi dokumen. Maryeni Nova Yanze Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas IV SD dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Raja Basa Bandar Lampung belum sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2007. Kemampuan guru kelas IV SD dalam merencanakan dan mengkonstruksikan instrumen penilaian tergolong sedang, selain itu, dalam menentukan nilai akhir siswa, sebagian besar guru memberikan nilai masih tidak mempertimbangkan dengan kemampuan yang dimiliki siswa yang sebenarnya dan masih ada beberapa guru yang tidak menerapkan program remidial bagi siswanya yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kata kunci : Profil, Kemampuan guru kelas IV SDN, Melakukan penilaian, pelajaran IPA

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:47
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir