Perbedaan Prestasi Belajar Yang Menggunakan Media Pembelajaran dan Motivasi Berbeda Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun 2010

Nn, Rice Leni Wahyuni (2010) Perbedaan Prestasi Belajar Yang Menggunakan Media Pembelajaran dan Motivasi Berbeda Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun 2010. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT Rice Leni Wahyuni.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstrak Rice Leni Wahyuni.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan Rice Leni Wahyuni.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan Rice Leni Wahyuni.pdf

Download (32Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) interaksi prestasi belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa, (2) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash, (3) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan desain berimbang dan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 200 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel diambil dua kelas (kelas Xb dan kelas Xc) dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai prestasi belajar yang sama pada kompetensi dasar sebelumnya. Instrumen dalam penelitian berupa kuesoner untuk mendapatkan data tentang motivasi belajar dan tes prestasi untuk mendapatkan data prestasi siswa.Teknik analisa data menggunakan uji anava dua jalur dan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah: pertama, ada interaksi prestasi belajar kinematika gerak lurus antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa; kedua, ada perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash, prestasi belajar siswa yang menggunakan macromedia flash lebih tinggi daripada yang menggunakan power point; ketiga, ada perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, prestasi belajar siswa yang menggunakan macromedia flash lebih tinggi daripada yang menggunakan power point; keempat, ada perbedaan ratarata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan macromedia flash pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, prestasi belajar siswa yang menggunakan power point lebih tinggi daripada yang menggunakan macromedia flash. Abstract This research aims at knowing: (1) the interaction learning achievement between students’ by using instructional media with the learning motivation; (2) the difference of students’ average learning achievement by using instructional media power point and those who are using macromedia flash; (3) the difference of students’ average learning achievement by using power point and those who are using macromedia flash on their high motivation; (4) the difference of students’ average learning achievement by using power point and those who are using macromedia flash on their low motivation. Method applied in this research is experiment method with proportional design and applies factorial design of experiments 2x2. Population in research is all class X student with the number 200 students. While sampling technique used is purposive sampling where sample is taken from two classes (class Xb and class Xc) with consideration that both classes have the same achievement of learning at before competence base. Instrument in this research is in the form of questionnaire to get data about motivation of achievement and achievement test to get student achievement data. Analysis data technique applied using ANAVA two lines and T-test. From the result of the research is: first, the interaction learning achievement kinematika gerak lurus between of students’ by using instructional media toward the learning motivation; second, there is a difference of students’ average learning achievement by using power point and those who are using macromedia flash, the students’ average learning achievement using macromedia flash is higher that those who are following the lecture by using power point; third, there is a difference of students’ average learning achievement by using power point and those who are using macromedia flash on their high motivation, the students’ learning achievement using macromedia flash is higher than those who are using power point; fourth, there is a difference of students’ average learning achievement by using power point and those who are using macromedia flash on their low motivation, the students’ learning achievement using power point is higher that those who are using macromedia flash.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:34
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir