PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL APLIKASI ARCVIEW GIS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFI TAHUN 2010

NN, Edi Gumuntur (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL APLIKASI ARCVIEW GIS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFI TAHUN 2010. Digital LIbrary.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (117Kb) | Preview

Abstrak

Abstract Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan salah satu mata kuliah sistem informasi yang dimulai dari input data, pemrosesan data sehingga menghasilkan output data. SIG penting dipahami oleh mahasiswa sebagai calon guru yang nantinya akan diajarkan kepada siswa di sekolah. Pada saat dijelaskan aplikasi di kelas mahasiswa cukup paham, namun daya ingat terbatas untuk memahaminya pada pertemuan berikutnya. Maka dibutuhkan pelengkap/komplemen dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini menghasilkan multimedia tutorial mata kuliah SIG software Arcview GIS bagi mahasiswa Geografi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengoperasikan software Arcview GIS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model R & D Cyle Borg dan Gall (1983). Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitaf. Teknik analisis data yang tergolong dalam jenis data kualitatif dijabarkan menggunakan kata-kata yang disusun ke dalam teks yang diperluas, yang disajikan dalam bentuk teks naratif. Pada data kuantitatif teknik analisis datanya menggunakan tabel, diagram dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan analisis one sample t-test. Test value ditentukan 75. Setelah melakukan penelitian multimedia tutorial mata kuliah SIG adalah CD Interaktif yang memiliki komponen menu pilihan materi, tes formatif, bersifat interaktif dilengkapi dengan animasi, gambar, dan video. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas multimedia tutorial yang ditunjukkan oleh rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang mencapai nilai 76,9 memiliki arti bahwa multimedia ini mampu membantu mahasiswa dalam memahami materi Arcview GIS. Kata Kunci: pembelajaran, multimedia tutorial, pemahaman, prestasi belajar Abstract Geography Information System (GIS) is a subject of information system which is begun from the data input, data processing hence create the data output. GIS is important for students as prospective teacher to comprehend since it will be taught to the school students. While being explained in the application, the students can understand the materials however they still missed some points in the next meeting. Thus, the complementary is needed in learning. The objective of this research is to obtain tutorial multimedia for the GIS subject of GIS Arcview Software for students of Geography Study Program that can be used to increase the students’ skill in operating GIS Arcview software. This research is the development based on R & D Cyle Borg and Gall’s model (1983). The data gained was analyzed qualitatively and quantitatively. The analysis technique for the data which belongs to qualitative data is elaborated by using words composed into exemplified text, which presented in form of narrative text. Meanwhile, the quantitative data was analyzed by using table, diagram, and inferential statistics. Inferential statistics used one sample t-test analysis. Test value was measured at 75. Having conducted the research of tutorial multimedia in GIS subject is interactive CD which featured with the menu components of material options, formative test, interactively completed with animations, pictures, and videos. Therefore, it can be concluded that the effectiveness of tutorial multimedia shown by means score of students’ learning achievement that obtains 76,9 means that this multimedia is able to help students to comprehend GIS Arcview materials. Keywords: learning, tutorial multimedia, comprehension, learning achievement

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:37
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19026

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir