PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NN, SANORA PUTRI UTAMI (2012) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (126Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa umumnya bervariasi, yakni rendah, sedang, dan tinggi. Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara garis besar, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar diri siswa. Dalam penelitian ini ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi keberhasilan belajar ekonomi siswa, yaitu faktor metode mengajar guru, media pembelajaran, dan minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 121 siswa, dengan jumlah sampel 93 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dan survey. Berdasarkan tingkat eksplanasinya, penelitian ini tergolong penelitian deskriptif verifikatif dengan tipe penyelidikan korelasi dan regresi. Untuk pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan untuk hipotesis keempat menggunakan regresi linier multipel. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh thitung > ttabel = 5,653 > 1,986 dengan koefisien korelasi (r) 0,510 dan koefisien determinasi (r2) 0,260 atau 26%. (2). Ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh thitung > ttabel = 4,353 > 1,986 dengan koefisien korelasi (r) 0,415 dan koefisien determinasi (r2) 0,172 atau 17,2%. (3). Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh thitung > ttabel = 7,253 > 1,986 dengan koefisien korelasi (r) 0,605 dan koefisien determinasi (r2) 0,366 atau 36,6%. (4). Ada pengaruh metode mengajar guru, media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh Fhitung > Ftabel = 21,437 > 2,72 dengan keeratan hubungan koefisien korelasi (R) 0,648 dan koefisien determinasi (R2) 0,419 atau 41,9%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:38
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19034

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir