NN, Eria Apriyani (2012) EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG. Digital LIbrary.
|
File PDF
ABSTRACT Eria Apriyani.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak Eria Apriyani.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan Eria Apriyani.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan Eria Apriyani.pdf Download (130Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukkan karakter seseorang. Kegagalan penanaman karakter pada seseorang sejak usia dini, akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya kelak. Selain itu, menanamkan moral kepada anak pada usia dibawah delapan tahun adalah usaha yang strategis. Pembelajaran karakter ini masih baru karenanya perlu dipelajari tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari pembelajaran ini. Karakter yang diterapkan yaitu meliputi: (a) cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, (b) mandiri, disiplin, dan tanggung jawab, (c) hormat dan santun, (d) suka menolong, (e) percaya diri dan kreatif, (f) baik dan tidak sombong, (g) kebersihan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsian proses pembelajaran berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi yang berorientasi pada tujuan. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru yang berjumlah enam orang. Pengumpulan data yang diutamakan adalah dengan observasi, sedangkan dokumentasi dan wawancara digunakan sebagai data pendukung. Teknik analisis data mencakup tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis karakter di TK Kemala Bhayangkari 23 Bandar lampung adalah: pada setiap aspeknya sudah dilakukan oleh para guru dengan kategori sering, baik berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada indikator tidak merusak ciptaan Tuhan (hewan, tanaman, dan alam sekitar) pembelajaran masuk dalam kategori kurang, karena selama penelitian hanya satu kali dilakukan pembelajaran. Untuk strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru hasil yang didapat adalah guru sangat sering (82%) melatih anak menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti terima kasih, tolong, dan maaf, mengembangkan potensi anak, memberikan katakata pujian, memberikan perhatian pada anak dalam belajar dan berinteraksi. Dalam penggunaan media pembelajaran menunjukkan persentase 73% dengan kategori sering, guru telah menggunakan sumber daya lingkungan untuk bereksplorasi dan memantau permainan anak. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru melalui pengamatan secara langsung terhadap setiap aktivitas anak. Kata Kunci: evaluasi, pembelajaran karakter, anak usia dini Abstract The goal of studying based on the characters is to form the positive character by the child through the developing of the characters on intensive. That is including the aspects of knowing, loving, and acting the good. This method will form the class atmosphere become friendly, togetherness, support and respect to the other. The application of characters are consists of: (a) loving God with all His creation, (b) stand alone, discipline and responsibility, (c) respect and good manners, (d) leadership and helping, (e)self confidence and creative, (f) kind and not arrogant, (g) cleanliness and health. The goal of this research is to describe (1) the process of studying based on the characters, (2) the reach of result studying based on the characters. This research is uses the approach goal oriented evaluation. The Subject of this research is the teachers which are 7 persons. The process of studying based on the characters in TK Kemala Bhayangkari 23 Bandar Lampung is on each aspects already doing by the teachers with often good categories a like planning, implementation and evaluation of studying. In the indicators that there is forbidden to break the creation of GOD (animals, plants, and environment) the studies enter to fewer categories, because during a research they only have one time to do it. The result of achievement from studying based on the characters there is happen raising category become good (raising up to 50%) as many as 11 indicators to all aspects, but for 2 indicators are to know who created himself and the environment and to forbidden break the creation of God (animals, plants, and environment) it is not get the scorers because the teachers get difficult to give the score on that both of indicators. Keynote: evaluation, studying based on the characters
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:38 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19039 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |