PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DILIHAT DARI BENTUK SOAL YANG DISAJIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009

NN, KUSNUL KHOTIMAH (2009) PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DILIHAT DARI BENTUK SOAL YANG DISAJIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT Kusnul Khotimah.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstrak Kusnul Khotimah.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan Kusnul Khotimah.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan Kusnul Khotimah.pdf

Download (358Kb) | Preview

Abstrak

Abstract Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya interaksi prestasi belajar matematika antara pendekatan pembelajaran dan bentuk soal; 2) perbedaan prestasi belajar matematika antara pendekatan pembelajaran realistik dengan mekanistik; 3) perbedaan prestasi belajar matematika siswa menggunakan pendekatan pembelajaran realistik dengan mekanistik pada bentuk soal uraian; 4) perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan pendekatan realistik dengan mekanistik pada bentuk soal pilihan ganda. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, yang dilaksanakan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII. Waktu penelitian bulan November – Maret 2010. Sampel ditentukan secara purposive dengan pertimbangan ke-empat kelas memiliki prestasi homogen. Kelas VII B untuk pendekatan realistik dengan bentuk soal uraian, dan VII E untuk pendekatan realistik dengan bentuk soal pilihan ganda, kelas VII A untuk pendekatan mekanistik dengan soal uraian, dan VII C untuk pendekatan mekanistik dengan bentuk soal pilihan ganda, dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 siswa. Uji coba untuk soal uraian adalah kelas VIID dan uji coba soal pilihan ganda pada kelas VIIF. Hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk soal (F h (i) = 2,960 > Ft (i) = 2,68). 2) Ada perbedaan Prestasi belajar Matematika antara pendekatan matematika realistik dengan mekanistik. Pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran mekanistik (Fh(k) = 2,784 > Ft(k) = 2,68); 3) Ada perbedaan prestasi belajar Matematika antara pendekatan realitistik dengan pendekatan mekanistik pada kelompok siswa yang diberi bentuk soal uraian, pada siswa yang diberikan soal uraian, yang mengguanakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada yang menggunakan pendekatan mekanistik (th = 1,954 > t tabel n = 60 sebesar 1,671); 4) Ada perbedaan prestasi belajar Matematika antara pendekatan pembelajaran realistik dengan mekanistik, prestasi belajara dengan pendekatan mekanistik lebih tinggi daripada yang menggunakan pendekatan realistik jika diberi bentuk soal pilihan jamak (t h = 2,161 < t tabel n = 60 sebesar 1,671). Abstract The aim of this research is to know: 1) there is accomplishment interaction of learning mathematic between study approaches and question form; 2) the different accomplishment of learning mathematic between reality of study approach with mechanistic; 3) the different accomplishment of learning mathematic of student by using reality study approach with mechanistic in explanation question form; 4) the different accomplishment of learning student by using reality approach with mechanistic at multiple-choice question form. The kind of this research is experiment by factorial design 2x2, which is done in senior high school 21 at Bandar Lampung. Research subject is student class VII. Research time is in November-Mart 2010. Sample determined as purposive by deliberating from the fourth that has homogeny accomplishment. Class VII B for reality approach with explanation question form, and VII E for reality approach with multiple-choice question form. Class VII A for mechanistic approach by explanation question. And class VII C for mechanistic approach with multiple-choice question form, with the total student in each class is 30 students. The test for explanation question is class VII D and test multiple-choice question is class VII F. Research result got: 1) there is interaction between study approach and question form (F h (i) = 2,960 > Ft (i) = 2, 68). 2) There is the different accomplishment of learning mathematic between realistic approaches with mechanistic, accomplishment by using realistic approach higher than mechanistic approach. ( Fh(k) = 2,784 > Ft(k) = 2,68); 3) there is significant different in accomplishing of learning mathematic between realistic approach with mechanistic approach at group of student which give form explanation question, realistic approach have big accomplishment than using mechanistic approach (th = 1,954 > t table n = 60 as big as 1,671; 4) there is significant different accomplishment of learning mathematic between reality study approach with mechanistic at student, student’s accomplishment by using mechanistic approach was higher than using realistic approach if given multiple-choice question form ( th = 2,161 < ttable n=60 as much as 1,671).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:41
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir