IMPLEMENTASI METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN FREKUENSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS OLEH GURU BIOLOGI YANG MENGAJAR KELAS R-SBI DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010

0513024006, Fivin Agustina (2010) IMPLEMENTASI METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN FREKUENSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS OLEH GURU BIOLOGI YANG MENGAJAR KELAS R-SBI DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (69Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak SMPN 1 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah yang berlabel R-SBI, tetapi belum semua guru (khususnya guru Biologi) menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode Scaffolding dalam meningkatkan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris oleh guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI di SMPN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI yang mengajar di SMPN 1 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan dalam pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan metode Scaffolding oleh guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI. Dengan memberi latihan menggunakan metode Scaffolding terjadi peningkatan frekuensi penggunaan bahasa Inggris oleh guru. Dari siklus 1 ke siklus 2 peningkatan terjadi sebesar 13,33% dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 1,85%.. Kata kunci : R-SBI, metode Scaffolding, kemampuan bahasa Inggris.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: tik20 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:42
Last Modified: 22 Jan 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item View Item