PERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA KEGIATAN EXSTRAKURIKULER SISWA PUTRA SMK GAJAH TUNGGAL HADIMULYO METRO TAHUN 2009

0313051029, Susi Widiyanti (2012) PERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA KEGIATAN EXSTRAKURIKULER SISWA PUTRA SMK GAJAH TUNGGAL HADIMULYO METRO TAHUN 2009. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan manakah yang lebih efektif antara metode latihan bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis meja pada. Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009. Penelitian ini dilaksanakan selama lebih kurang 2 bulan dari mulai tanggal 1 Februari 2009 sampai dengan 31 Maret 2009. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada Siswa Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel diambil sebanyak 20 siswa sesuai dengan jumlah siswa . metode latihan dengan cara peringkat, sehingga terpilih 10 siswa untuk metode latihan bagian-bagian dan 10 siswa untuk metode latihan keseluruhan. Tolak ukur yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan bermain tenis meja untuk siswa putra. Data yang diperoleh melalui tes awal dan tes akhir. Dianalisis dengan statistika uji t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive yang signifikan. Hasil perhitungan tes akhir diperoleh thitung 3,161 bila dibandingkan dengan ttabel 1,83 berarti nilai thitung > ttabel. Artinya dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari dua perlakuan yang berbeda dalam penelitian ini atau metode latihan bagian lebih efektif dibandingkan dengan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis meja pada kegiatan ekstrakurikuler siswa putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:42
Last Modified: 22 Jan 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item