Kismanto, YOKA PRATIWI (2013) STUDI KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN BAHAN ADDITIVE ISS 2500 (IONIC SOIL STABILIZER) UNTUK JALAN LINGKUNGAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR NOTASI.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (344Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (419Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (465Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (152Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak
Paving block merupakan konstruksi yang ramah lingkungan karena memiliki sifat fisik yang mempunyai pori-pori dimana dapat meminimalisasi aliran air pada permukaan dan memperbanyak penyerapan dalam tanah. Paving blok dapat didefinisikan sebagai suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat (abu batu/pasir) dengan atau tanpa bahan lainnya yang tidak mengurangi mutu bata beton. Akan tetapi, dalam penelitian ini proses pembuatan paving block menggunakan bahan alternative berupa campuran tanah dengan bahan larutan additive ISS 2500 (Ionic Soil Stabilizer). Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah lempung yang berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Variasi kadar campuran yang digunakan adalah 0.6 ml, 0.9 ml, 1.2 ml, dengan waktu pemeraman 7 hari serta dengan perlakuan sebelum pembakaran dan setelah pembakaran paving block. Dari hasil pengujian fisik tanah, berdasarkan metode AASHTO sampel tanah dapat diklasifikasikan kedalam golongan A-7-6 yang termasuk kedalam golongan tanah berlempung sedangkan berdasarkan USCS dapat diklasifikasikan sebagai tanah berbutir halus dan termasuk ke dalam kelompok CL. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembuatan paving block menggunakan tanah dengan larutan additive ISS 2500 tidak memenuhi SNI paving block . Akan tetapi, semakin banyaknya penambahan kadar campuran larutan additive dapat meningkatkan nilai kuat tekan paving block tanpa pembakaran dan dengan proses pembakaran hal ini ditunjukkan pada kadar campuran 3 dengan penambahan larutan 1.2 ml. Kata Kunci : Paving block, tanah lempung, ISS 2500 (Ionic Soil Stabilizer), kuat tekan
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Mesin (General). Mesin Sipil (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 05:31 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 05:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |