IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM DESA SIAGA DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Pada Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

0416021014, ANGGA RINZANI (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM DESA SIAGA DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Pada Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT Angga Rinzani.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Angga Rinzani.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan Angga Rinzani.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan Angga Rinzani.pdf

Download (98Kb) | Preview

Abstrak

Merebaknya masalah-masalah kesehatan yang timbul di tengah masyarakat menuntut Desa Sungai Langka harus sigap dalam penanggulangan masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang dihadapi Desa Sungkai Langka adalah menurunnya angka harapan hidup, kurangnya pengetahuan terhadap ASI ekslusif, masalah perbaikan gizi balita yang buruk, kurangnya pengelolaan saluran air bersih dan saluran pembuangan air limbah serta masalah penyakit-penyakit lama yang mucul kembali seperti diare, TBC dan demam berdarah. Berdasarkan hal tersebut, Desa Sungai Langka melaksanakan program desa siaga yang berlandaskan pada Keputusan Menteri Kesehatan No.564 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa Siaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Desa Siaga dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Desa Sungai Langka dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam implementasi kebijakan serta upaya mengatasinya. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif dengan analisis kualitatif dari model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Implementasi Kebijakan Program Desa Siaga dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Desa Sungai Langka telah berjalan, sekalipun masih ditemukan kendala keterbatasan sumber dana dan fasilitas serta sikap anggota FKMD yang kurang aktif.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: tik . 8
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:43
Last Modified: 22 Jan 2016 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item View Item