NN, MARLIN WINATA (2012) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) DI PROVINSI LAMPUNG (Studi di Kantor Pos Bandar Lampung). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT Marlin Winata.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak Marlin Winata.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Kondisi geografis Negara Indonesia yang wilayahnya terdiri dari beribu-ribu pulau dan dipisahkan oleh lautan dengan penduduk yang tersebar di pelosok daerah sangat membutuhkan sarana untuk menunjang hubungan antara penduduk yang satu dengan penduduk yang lain yang serba singkat dan cepat, terutama dalam hal pengiriman barang dari suatu daerah ke daerah yang lain. Untuk itu dibutuhkan lembaga yang dapat menangani secara professional dan bertanggung jawab. PT. Pos Indonesia merupakan lembaga yang diamanatkan untuk menjalankan fungsi dan peran tersebut sesuai UU No. 6 Tahun 1984 tentang pos. Fokus penelitian diarahkan pada analisis strategi organisasi (corporate strategy) dan strategi program (program strategy) Informan terdiri dari pimpinan dan pegawai PT. Pos Indonesia Bandar Lampung untuk mendapatkan informasi yang akurat. Selanjutnya informasi dan data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan temuan-temuan baru sebagai hasil penelitian. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan, pertama, faktor strategi internal seperti struktur organisasi, integritas pegawai dan integritas kepemimpinan memadai, namun sumber daya dan dana masih kurang memadai. faktor strategi ekternal menunjukkan sosiokultural dan kondisi hukum dan politik cukup membantu, sedangkan yang menjadi tantangan ekonomi makro dan elemen teknologi. Kedua, Implikasi penerapan program antara lain: (1) Berkurangnya surat pos/ paket pos yang terlambat, rusak, hilang. (2) Jaringan terus dikembangkan sejalan pemekaran daerah. (3) Pelayanan masyarakat menjadi prioritas, (4) Kerjasama antar badan usaha sesuai prosedur, kepastian dan kepercayaan (5) Program pelatihan bagi pemerintah daerah belum berjalan dan (6) Sistem penargetan anggaran agar kinerja meningkat. Upaya yang dapat dilakukan oleh PT. Pos untuk mengoptimalkan pelayanan adalah: Pertama, dari internal adalah optimalisasi struktur organisasi, pengembangan integritas pegawai, penguatan integritas kepemimpinan dan pemberdayaan SDM serta peningkatan kapasitas keuangan perusahaan. Sedangkan ekternal adalah mempertahankan sosiokultural perusahaan, penegakan peraturan perusahaan dan penguatan profesionalisme, inovasi produk layanan berbasis ekonomi, baik harga maupun kualitas, dan pengembangan teknologi secara luas. Kedua, program yang perlu ditekankan antara lain: (1) sosialisasi jaminan hukum layanan pos, (2) Peningkatan kapasitas jaringan, (3) Penggabungan kantor-kantor cabang yang kurang produktif, (4) Meningkatkan kerjasama secara luas, (5) Membangun kerjasama dengan pemerintah daerah dalam penggunaan layanan pos dan (6) Pengembangan produk layanan pos. Kata kunci : Strategi Pengembangan PT. Pos Indonesia Bandar Lampung Abstract Geographical conditions Indonesian State whose territory consisted of thousands of islands separated by ocean with a population scattered across the region desperately needed a means to support the relationship between a single population with other population which is too short and quick, especially in terms of delivery of goods from a region to another. This requires institutions that can handle professionally and responsibly. PT. Pos Indonesia is an institution mandated to carry out the functions and roles according to Law No. 6 / 1984 on the post. The focus of research directed at the analysis of organizational strategy (corporate strategy) and strategy of the program (program strategy) Informant consists of leaders and employees of PT. Pos Indonesia Bandar Lampung to obtain accurate information. Information and data collected and analyzed further processed to produce new findings as a result of research. Conclusion This study shows, first, factors such as internal strategies, organizational structures, employee integrity and the integrity of adequate leadership, but the resources and funding is still inadequate. External strategic factors indicate sociocultural and political and legal conditions helped, while the macro economic challenges and technological elements. Second, the implications of the implementation of the program include : (1) Reduced by postal mail / parcel post is late, damaged, missing. (2) Networks continue to be developed in line of area. (3) Community service is a priority, (4) Cooperation between business entities according to the procedure, certainty and confidence (5) training program for local governments have walking and (6) budget targeting system to increase performance. Efforts that can be done by PT. Pos Heading to optimize the service is: First, is the optimization of the internal organizational structure, the development employee integrity, strengthening the integrity of the leadership and the empowerment of human resources and financial capacity of the company. While external company is maintaining its sociocultural, enforcement of company regulations and strengthening the professionalism, service product innovationbased economy, both price and quality, and extensive technology development. Second, the program needs to be emphasized include: (1) socialization of legal guarantees postal service, ( 2) Increasing the network capacity, (3) Merge branch offices that are less productive, (4) Increasing the widespread cooperation, (5) Establish cooperation with local governments to use the postal service, and (6) The development of postal service products. Keywords: Strategy Development PT. Pos Indonesia Bandar Lampung
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:43 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |