PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) DI DESA BOGOREJO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

nn, Hendra R. Sambas Azhari1, Ktut Murniati2, Dame Trully Gultom2 (2012) PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) DI DESA BOGOREJO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. digital library.

[img]
Preview
File PDF
Hendra !. PENDAHULUAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hendra VI. Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hendra, ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat partisipasi anggota kelompok tani dalam program PHBM, (2) faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat partisipasi anggota kelompok tani dalam program PHBM, (3) hubungan antara tingkat pertisipasi anggota kelompok tani dengan tingkat pendapatan rumah tangga anggota kelompok tani, (4) hubungan antara tingkat partisipasi anggota kelompok tani dengan tingkat pendapatan pada kegiatan usahatani dalam kawasan hutan. Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja atau secara purposive yaitu di Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni 2009. Pengambilan sampel dilakukan di masingmasing kelompok peserta PHBM, yaitu 11 kelompok tani dengan jumlah anggota kelompok secara keseluruhan 457 orang. Jumlah responden yang menjadi penelitian ini adalah 15% dari populasi berjumlah 457 orang sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 69 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa: (1) Partisipasi anggota kelompok tani dalam kegiatan pengelolaan hutan bersama masyarakat termasuk dalam klasifikasi tinggi dengan modus 27,78, (2) Umur, tingkat pendidikan formal, luas lahan garapan dan sifat kosmopolit tidak berhubungan nyata dengan partisipasi anggota kelompok tani dalam kegiatan PHBM, (3) Ada hubungan yang nyata antara tingkat partisipasi anggota kelompok tani dengan tingkat pendapatan rumah tangga, (4) Ada hubungan yang nyata antara tingkat partisipasi anggota kelompok tani dengan tingkat pendapatan usahatani di dalam kawasan hutan Tahura WAR.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Digilib4
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:45
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir