UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII 5 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613031024, KUKUH PRIHANDOKO (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII 5 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010. digital lebrary.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu faktor penyebab masih belum optimalnya hasil belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Pringsewu adalah rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, di mana dalam proses tersebut siswa cenderung kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu antara lain melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Pendekatan dalam pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: tik21 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:46
Last Modified: 22 Jan 2016 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item