STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU (EKONOMI) SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DENGAN SISWAYANG DIBELAJARKAN TANPA MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010)

0613031003, LIA EVITA (2010) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU (EKONOMI) SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DENGAN SISWAYANG DIBELAJARKAN TANPA MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010). digital lebrary.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010 masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada data hasil UTS semester ganjil mata pelajaran IPS Terpadu. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan media dan model pembelajaran yang sesuai yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu (ekonomi) antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media powerpoint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi Lia Evita penelitian ini berjumlah 234 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Data diperoleh melalui tes saat awal pembelajaran (pre-test) dan akhir pembelajaran (post-test). Pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan rumus separated varians. Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan uji t test, ternyata thitung = 2,48 dan ttabel = t(0,05/2) (dk=39+39-2) = 1,99 (hasil interpolasi). Dengan demikian thitung >ttabel atau 2,48 >1,99 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu (ekonomi) antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media powerpoint pada pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dimana hasil belajar siswa yang menggunakan media powerpoint (80,256) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media powerpoint dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (71,795). Kata kunci: Hasil Belajar, Media Powerpoint dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: tik21 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:46
Last Modified: 22 Jan 2016 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19176

Actions (login required)

View Item View Item