HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( STUDI DI SMU NEGERI 2 MUARADUA OKU SELATAN

0543042016, HARTINI (2012) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( STUDI DI SMU NEGERI 2 MUARADUA OKU SELATAN. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak Hartini.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan Hartini.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan Hartini.pdf

Download (109Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Orangtua merupakan lingkungan sosial pertama dalam proses pembentukan konsep diri seorang anak. Ukuran keberhasilan penerapan peranan orangtua sebagai penanggungjawab Pendidikan dalam keluarga dapat dilihat dari perkembangan tingkat prestasi anak. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa selain faktor kecermelangan otak. Status sosial ekonomi orangtua yang meliputi tingkat pendidikan orangtua dan tingkat pendapatan orangtua ikut mempengaruhi tinggi dan rendahnya prestasi yang diperoleh anak di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran objektif dari siswa tentang prestasi belajarnya di sekolah, dan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orangtua Negeri 2 Muaradua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3, sedangkan sampel sebanyak 74 orang ditentukan melalui teknik kaisquare. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi yang menunjang penelitian. Setelah melalui tahap pengolahan, data kemudian dianalisa dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan eksplanasi dengan menggunakan tabel tunggal dan tabel silang, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji statistik kaisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan orangtua dengan prestasi belajar siswa, dengan hasil sebesar 0,23. Adapun kecenderungan hubungannya adalah semakin rendah tingkat pendidikan orangtua maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. mengenai hubungan antara tingkat pendapatan orangtua maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan korelasi antara status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar siswa diperoleh nilai r hitung sebesar 0,37 dibandingkan dengan r tabel sebesar 0,296 pada taraf signifikasi 1%. Berarti ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Harga r hitung sebesar 0,37 menunjukkan hubungan antara variabel status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar siswa relatif tinggi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:56
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir