KEMAMPUAN PENARIKAN SIMPULAN DALAM BERLOGIKA PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA PERSADA BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0643041021, MARDAWATI (2010) KEMAMPUAN PENARIKAN SIMPULAN DALAM BERLOGIKA PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA PERSADA BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. digital lebrary.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (80Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan penarikan simpulan siswa dalam berlogika pada siswa kelas XI semester 2 SMA Persada Bandarlampung tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam penarikan simpulan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didasarkan pada tes tertulis yaitu berupa tes objektif atau pilihan berganda. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 242 siswa, sampel diambil berdasarkan pendapat Arikunto sebesar 15 % dari populasi yaitu menjadi 32 siswa yang dijadikan sampel. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan penarikan simpulan dalam berlogika pada siswa kelas XI semester 2 SMA Persada Bandarlampung tahun pelajaran 2009/2010 tergolong cukup dengan rata-rata 69. Rata-rata yang diperoleh siswa tiap aspek adalah sebagai berikut. (1) Penyimpulan Langsung Kemampuan aspek ekuivalensi tergolong kurang dengan nilai rata-rata 58; aspek pembalikan tergolong kurang dengan nilai rata-rata 49; dan aspek perlawanan tergolong baik dengan nilai rata-rata 79. (2) Penyimpulan Tidak Langsung Kemampuan aspek generalisasi tergolong baik dengan nilai rata-rata 79; aspek analogi tergolong kurang dengan nilai rata-rata 55; aspek sebab akibat tergolong cukup dengan nilai rata-rata 67; aspek akibat sebab tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata 88; aspek silogisme kategorik tergolong kurang dengan nilai ratarata 51; aspek silogisme hipotetik tergolong cukup dengan nilai rata-rata 65; dan aspek silogisme alternatif tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata 88.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:46
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir