0613023034, NINA NESSINTA (2010) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Bandar Lampung TP 2009-2010). digital lebrary.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan.pdf Download (177Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada materi pokok Asam Basa siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah 65. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas XI IPA yang ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 70, pada kenyataannya hanya 50% siswa mendapat nilai ≥ 70. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) dan keterampilan siswa menggunakan alatalat eksperimen kimia rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok asam basa adalah dengan menerapkan metode problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode problem solving dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) aktivitas on task siswa; (2) keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia; (3) penguasaan konsep siswa; dan (4) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa dan data keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia yang diperoleh melalui lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep asam basa yang diperoleh melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase rata-rata : (1) aktivitas on task siswa sebesar 28,59%; (2) keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia sebesar 12,10%; (3) penguasaan konsep siswa sebesar 5,40%; dan (4) ketuntasan belajar siswa sebesar 3,45%. Kata kunci : metode problem solving, aktivitas on task, keterampilan siswa, penguasaan konsep, ketuntasan belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:57 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19203 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |