PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS HASANUDDIN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

0543031036 , NITA LESTARI (2010) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS HASANUDDIN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. digital lebrary.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (143Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar pada suatu sisi adalah berkat tindakan guru, sebagai suatu pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar dapat dibedakan menjadi dampak pengajaran dan dampak pengiring. Kedua dampak tersebut sangat berguna bagi guru dan juga siswa. Dampak pengajaran adalah hasil yang dapat diukur, seperti tertuang dalam angka rapor, angka dalam ijazah, atau kemampuan meloncat setelah latihan. Faktor-faktor belajar dapat dipengaruhi oleh faktor kegiatan yang dapat mempengaruhi tercapainya hasil belajar. faktor latihan agar siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan, faktor suasana agar siswa dapat belajar dengan tenang, faktor asosiasi yang dapat memberikan pengalaman belajar, faktor kesiapan belajar agar tercapainya hasil belajar yang maksimal, faktor minat dan usaha harus sejalan agar siswa dapat belajar dengan maksimal, faktor fisiologis harus diperhatikan karena faktor fisiologis sangat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, faktor intelegensi sangat diperhatikan untuk mengetahui cara berpikir siswa dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian ini ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi keberhasilan belajar IPS Terpadu, yaitu aktivitas belajar, minat belajar dan media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 120 siswa, dengan jumlah sampel 42 siswa. Jumlah sampel ini berdasarkan penarikan sample random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ex post facto dengan pendekatan survey, dengan tingkat eksplanasinya deskriptif verifikatif dengan tipe penyelidikan regresi. Teknik penarikan sampel yang digunakan simpel random sampling. Untuk pengujian hipotesis pertama,kedua dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan untuk hipotesis keempat menggunakan regresi linier multipel. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009, diperoleh thitung > ttabel = 5,178 > 2,021 dengan koefisien korelasi (r) 0,633 dan koefisien determinasi (r2) 0,401 atau 40,1% 2. Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Teluk Betung Tahun Pelajaran 2008/2009, diperoleh t hitung > ttabel = 3.131> 2,021. dengan koefisien korelasi (r) 0,444 dan koefisien determinasi (r2) 0,197 atau 19,7%. 3. Ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Teluk Betung Tahun Pelajaran 2008/2009, diperoleh Fhitung>Ftabel= 5,394> 2,021 dengan keeratan hubungan koefisien korelasi (r) 0,649 dan koefisien determinasi (r2) 0,421 atau 42,1%. 4. Ada pengaruh aktivitas belajar,minat belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Teluk Betung Tahun Pelajaran 2008/2009, diperoleh Fhitung>Ftabel= 13,724>2,852 dengan keeratan hubungan koefisien korelasi (r) 0,520. dan koefisien determinasi (R2) 0,721 atau 72,1%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:57
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir