KEMAMPUAN MEMAHAMI LATAR, TEMA, DAN TOKOH CERITA RAKYAT LAMPUNG SISWA KELAS V SD NEGERI I TERBANGGIBESAR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543041001, AGUS SEFTINA (2010) KEMAMPUAN MEMAHAMI LATAR, TEMA, DAN TOKOH CERITA RAKYAT LAMPUNG SISWA KELAS V SD NEGERI I TERBANGGIBESAR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (120Kb) | Preview

Abstrak

Abstract Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami latar, tema, dan tokoh dalam cerita rakyat Lampung oleh siswa kelas V SD Negeri I Terbanggibesar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa memahami latar, tema, dan tokoh dalam cerita rakyat Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang ditunjang statistik sederhana. Data dikumpulkan melalui tes, berbentuk pilihan ganda dan esai. Instrumen tersebut telah dicobaujikan kelayakannya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Terbanggibesar Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan memahami latar, tema, dan tokoh dalam cerita rakyat Lampung siswa kelas V SD Negeri I Agus Seftina Terbanggibesar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah 68,82 yang tergolong dalam kategori cukup. Ditinjau dari per aspek satuan rata-rata skor untuk kemampuan memahami latar sebesar 69,85 yang tergolong cukup, untuk memahami tema hanya sebesar 53,14 yang dikategorikan kurang, dan untuk memahami tokoh mencapai 80,34 yang tergolong baik.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:59
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir