0613034013, ARI KARTIKA (2009) HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GADINGREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan.pdf Download (105Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan cara belajar dengan prestasi belajar, (2) hubungan aktivitas belajar dengan prestasi belajar, (3) hubungan cara belajar dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Gadingrejo yang berjumlah 198 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 40 siswa dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi, kuesioner dan Tes. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment yang digunakan pada semua pengujian hipotesis. Hasil penelitian (1) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Gadingrejo dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,766, artinya ada kecenderungan semakin teratur cara belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin tidak teratur cara belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. (2) terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Gadingrejo dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,668, ada kecenderungan semakin tinggi aktivitas belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. (3) terdapat hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara cara belajar dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Gadingrejo dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,818, artinya ada kecenderungan semakin teratur cara belajar siswa dan semakin tinggi aktivitas belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin tidak teratur cara belajar siswa dan semakin rendah aktivitas belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. Saran dari penelitian ini khususnya kepada siswa hendaknya dapat menerapkan cara belajar yang teratur dengan cara melaksanakan jadwal belajar yang telah dibuatnya, rajin membaca buku pelajaran, membuat catatan pelajaran yang rapih dan teratur, selalu mengulang kembali pelajaran di rumah dan berkonsentrasi pada saat belajar. Siswa perlu memacu diri sendiri untuk rajin belajar dan guru juga perlu memacu aktivitas siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajarnya. Dengan cara mengupayakan agar siswa memperhatikan penjelasan guru dengan serius, mencatat atau membuat rangkuman materi pelajaran IPS dengan sebaik mungkin, selalu membiasakan mengerjakan latihan soal-soal IPS, dapat menjawab pertanyaan dan mengajukan pendapat ataupun bertanya tentang hal-hal yang bersangkutan dengan pelajaran IPS yang belum diketahui siswa, membaca buku pelajaran IPS secara teratur dan mendiskusikan materi pelajaran IPS dengan teman dan guru.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:59 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19226 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |