PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA PADA INDUKSI EMBRIO SOMATIK DUA KULTIVAR KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) SECARA IN VITRO

nn, TITIK INAYAH (2012) PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA PADA INDUKSI EMBRIO SOMATIK DUA KULTIVAR KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) SECARA IN VITRO. digital library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT B. ING.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1 PNDHULUAN ok-e.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
V kesimpulan-e.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak

Perbanyakan kacang tanah (Arachis hypogaea L.) secara in vitro menggunakan Media MS (Murashige dan Skoog) dengan menggunakan sukrosa sebagai sumber karbon dan penambahan picloram (4-Amino-3,5,6, -Trichloro Picolinic Acid). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh konsentrasi sukrosa terhadap induksi embrio somatik kacang tanah pada setiap kultivar yang dicoba (Jerapah dan Sima). (2) Mencari konsentrasi sukrosa yang paling baik untuk menginduksi embrio somatik pada setiap kultivar yang dicoba (Jerapah dan Sima). Penelitian ini dilaksanakan dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan10 ulangan. Setiap satuan percobaan terdiri dari 1 botol yang berisi 5 eksplan leaflet kacang tanah. Perlakuan yang diterapkan pada setiap kultivar adalah berbagai konsentrasi sukrosa yaitu 0, 10, 20, 30, dan 40 mg/l. Variabel yang diamati persentase kalus embriogenik dan rata-rata jumlah embrio somatik per eksplan. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam. Perbedaan nilai tengah perlakuan diuji dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Pada konsentrasi sukrosa 0 g/l pada kedua kultivar eksplan tidak berkembang dan tidak mengalami pertumbuhan untuk membentuk kalus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada kultivar Jerapah, konsentrasi sukrosa berpengaruh terhadap rata-rata jumlah embrio somatik per eksplan dan persentase kalus embriogenik. Konsentrasi sukrosa dalam media yang baik dalam menghasilkan rata-rata embrio somatik per eksplan adalah 20 g/l. Konsentrasi sukrosa dalam media yang optimum dalam menghasilkan persentase kalus embriogenik adalah 10 dan 20 g/l. (2) Pada kultivar Sima, konsentrasi sukrosa dalam media yang baik dalam menghasilkan rata-rata embrio somatik per eksplan adalah 30 g/l. Konsentrasi sukrosa dalam media yang optimum dalam menghasilkan persentase kalus embriogenik adalah 40 g/l.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Digilib4
Date Deposited: 24 Jan 2016 06:42
Terakhir diubah: 24 Jan 2016 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir