PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SINDANGSARI TANJUNGBINTANG TAHUN 2009/2010

NN, ENDANG SRI HARTUTI (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SINDANGSARI TANJUNGBINTANG TAHUN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (155Kb) | Preview

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar pada Mata Pelajaran IPS merupakan kenyataan yang di jumpai pada siswa kelas 4, Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 di SDN 3 Sindangsari, Tanjungbintang, Lampung Selatan. Rendahnya prestasi ini terjadi karena siswa sulit memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa tidak aktif mencari jawaban sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4 mata pelajaran IPS. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian untuk membahas dan memahami Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan di Kelas 4 semester genap yaitu: Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Penelitian dilakukan di SDN 3 Sindangsari, Tanjungbintang, Lampung Selatan dengan subjek penelitian adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa yang berjumlah 40 siswa. Waktu diadakan penelitian adalah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan dua siklus yang pada masingmasing siklus diawali dengan Tahap perencanaan, kemudian tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Observasi dan Evaluasi serta Tahap Refleksi. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan tes. Penggunaan Metode Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS siswa SDN 3 Sindangsari, Tanjungbintang, Kelas 4 SDN Tahun Pelajaran 2009/2010 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata pada siklus I 58,75 menjadi 77,5 pada siklus II. Kata kunci: Metode kooperatif, aktivitas dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bahasa Inggris
Perpustakaan Kongres Bidang Keahlian > P Language and Literature > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2016 06:44
Last Modified: 24 Jan 2016 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19252

Actions (login required)

View Item View Item