POLA PEMBINAAN SANTRI REMAJA DALAM UPAYA PENGENDALIAN TINDAK PENYIMPANGAN PRILAKU (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung)

NN, EKA PRATIWI (2012) POLA PEMBINAAN SANTRI REMAJA DALAM UPAYA PENGENDALIAN TINDAK PENYIMPANGAN PRILAKU (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Eka Pratiwi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
isi.pdf

Download (400Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang pola pembinaan santri remaja dalam upaya pengendalian tindak penyimpanan prilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan informan ditentukan dengan purposive sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dan menggunakan dokumen. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, display atau penyajian data, dan tahap kesimpulan. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari pihak pondok pesantren dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembinaan yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Falah lebih kepada pola pembinaan yang tertutup serta menggunakan peraturan tertulis sebagai pedoman dan bersifat kekeluargaan. Karena pembinaan seperti ini lebih efisien dibandingkan dengan pembinaan yang memaksa atau menggunakan kekerasan terhadap santri. Peraturan yang ada juga di sosialisasikan setiap saat tanpa ada batasan waktu yang ditentukan dan menggunakan media ceramah dan kitab-kitab klasik. Pengendalian penyimpangan prilaku dilakukan secara preventif oleh MPS. Nilai-nilai Islam yang merupakan hal yang paling penting dalam pendidikan pesantren diberikan secara sadar dalam memindahkan pola kehidupan nabi ke dalam praktek sehari-hari. Tanggapan dari masyarakat terhadap pola pembinaan dalam pondok pesantren berbeda-beda, ada masyarakat yang pro maupun kontra. Kata Kunci : Pola Pembinaan, Santri, Pengendalian, Penyimpangan Prilaku Abstract The purpose of this study is to identify and explain the pattern of coaching students in an effort to control teen behavior follow-storage. The method used in this study is qualitative and is determined by purposive sampling of informants. Data obtained from the interviews and use documents. Further data analysis by data reduction, display or presentation of data, and conclusion stage. Location of the study in boarding Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Informants in this study amounted to seven people, consisting of a boarding party boarding school and surrounding community. The result showed that the pattern of the boarding school coaching done more to the pattern of Darul Falah a closed formation and use of guidelines and rules are written as a family. As guidance Such guidance is more efficient than using force or violence against students. Existing regulations are also socialized at any time without any time limit prescribed and used the media of speech and the classics. Control deviation preventive behaviors undertaken by the MPS. The values of Islam which is the most important thing in education in boarding schools are given a conscious move the prophet's life patterns into everyday practice. The response from the community towards the development pattern in the boarding school is different, there are pros and cons of the community. Keyword : Construction pattern, Santri, Operation, Deviation of my me

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:43
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir