Nn, FINA FEBRUANINGRUM (2012) PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-6 TAHUN. (Studi pada Orang Tua Siswa di PAUD Aisyiyah Ambarawa Kabupaten Pringsewu). Digital Library.
|
File PDF
FINA FEBRUANINGRUM.pdf Download (167Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Kualitas pendidikan anak usia dini ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah aspek sosial budaya dengan pendekatan pendidikan multikultural (multi budaya) untuk pembangunan mental karakter anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Rumusan masalah dari penelitian adalah “Bagaimanakah Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun?”. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun di lembaga PAUD Aisyiyah Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. Latar belakang penulis memilih PAUD Aisyiyah Ambarawa sebagai tempat penelitian adalah karena lembaga ini memiliki para pendidik berkualitas yang telah melewati seleksi kualifikasi pamong/guru, serta telah terbukti menghasilkan anak didik yang aktif dan baik dalam berkomunikasi. PAUD Aisyiyah Ambarawa merupakan peragaman jenis dari TK Aisyiyah Ambarawa dan juga merupakan wujud nyata dari keseriusan organisasi Aisyiyah dalam menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun di lembaga PAUD Aisyiyah Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. PAUD Aisyiyah menerapkan 3 macam sentra dalam proses belajar mengajarnya. Pertama adalah Sentra Persiapan, yaitu mempersiapkan anak untuk pendidikan yang lebih tinggi nantinya. Kedua adalah Sentra Balok yang menitikberatkan pada materi yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi verbal anak. Ketiga adalah Sentra Seni (Main Peran) yang menitikberatkan pada materi yang berhubungan dengan proses stimuli kemampuan berfikir anak. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah metode yang melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Penelitain kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan suatu uraian mendalam tentang data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan prilaku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi tertentu dalam suatu konteks setting tertentu. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Ambarawa melakukan perannya dengan baik dalam perkembangan kemampuan komunikasi anak didik usia 3-6 tahun. Hal ini terbukti dari perbandingan kemampuan anak didik saat sebelum dan saat sesudah belajar di PAUD yang menunjukkan pencapaian hasil yang baik. Pencapaian tersebut dirasakan oleh para informan sebagai perwakilan dari keseluruhan anak didik di PAUD tersebut. Kemampuan yang dimaksud adalah komunikasi verbal, komunikasi non-verbal, serta pemahaman dan empati anak didik. Seluruh kemampuan tersebut sesuai dengan standard pencapaian PAUD yang telah ditetapkan sebelumnya. Abstract Education’s quality of early age childhood is determined by some factors, one of them is social-culture’s aspect with multyculture education’s approach for character and bounce development. Early age childhood’s education is one form of education’s management which centered to basic performe into physical (refine’s motorik and harsh’s motorik coordination), intellegence (contemplative, creative, emotion intelligence and spiritual intellegence), sosio-emotional (attitude, behavioral and religion), and also Ianguage and communication grow and growth according to children’s unique and growth levels passed. The problem’s formula from this research is “How is The Role of Early Age Childhood’s Education (PAUD) Institute to Communication’s Growth for Children 3-6 Years Old?”. And this research’s aim is for knowing The Role of Early Age Childhood’s Education (PAUD) Institute to Communication’s Growth for Children 3-6 Years Old in PAUD Aisyiyah Ambarawa Institute, Pringsewu regency. The reason of choice PAUD Aisyiyah Ambarawa as research location because this institute has some high quality teachers who have passed the qualified teacher’s selection, and it has been proven to make more active and good comunication students. PAUD Aisyiyah Ambarawa is representing of Kindergarten Aisyiyah Ambarawa differentiation, and also real action and seriousness of Aisyiyah organization in providing education source for children since early age. This research’s aim is to learn the Role of Early Age Childhood’s Education (PAUD) Institude to Communication’s Growth for Children 3-6 Years Old of PAUD Aisyiyah Ambarawa, Pringsewu Regency. PAUD Aisyiyah applies 3 kinds of sentra in course of teaching and learning. First is Sentra Persiapan, that is draw up child for the higher level education later. Second is Sentra Balok, which deal with children verbal communication’s ability. Third is Sentra Seni (Main Peran), which deal with process of stimuli of children’s thinking ability. This research uses descriptive research’s type by using qualitative approach. Descriptive research is method defining systematically fact or certain population characteristic in faktual and careful. Qualitative research is research’s procedure yielding a depth description about descriptive files in the form of written words or oral by people and behavior which can be perceived from an individual, group, society, certain organization in a certain context setting. The conclusion of this research are that Early Age Childhood’s Education (PAUD) Aisyiyah Ambarawa conduct its role better in growth of protege 3-6 years old communication’s ability. This matter is proven from comparison of protege’s ability between the moment before and the moment after they learn in PAUD that show a good result’s attainment. The attainment felt by all informans as delegation of entirety of protege in the PAUD. Such ability are verbal communication, non-verbal communication, and also protege’s understanding and empathy. All of these ability according to PAUD’s standard attainment which have been specified before.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | tik 12 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 04:17 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 04:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19461 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |