STRATEGI KEHUMASAN DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) LAMPUNG PEDULI

NN, RISKA DWI KARTAPA (2012) STRATEGI KEHUMASAN DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) LAMPUNG PEDULI. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak ika.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Salah satu bidang ilmu komunikasi adalah kehumasan, kegiatan ini bertujuan melahirkan, membentuk dan mempertahankan citra dimata individu lain atau masyarakat dimana individu atau lembaga tersebut berada. Hal inilah yang mengharuskan kehati-hatian dan ketelitian dalam mengemas suatu pesan yang akan disampaikan dalam suatu kegiatan kehumasan, dengan kata lain dibutuhkan suatu strategi khusus yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal saat itu. Begitu pula dengan Lampung Peduli sebagai salah satu LAZDa di Bandar Lampung, Lampung Peduli didirikan sejak 17 April 2001 bergerak secara independent dibawah naungan Yayasan Wakaf Lampung Peduli (YWLP). Lampung Peduli melaksanakan kegiatan kehumasan, sebagai bentuk tanggung jawab untuk mensosialisasikan program dan kegiatan yang akan dilakukan kepada masyarakat, turut mengembangkan kekompakan internal organisasi dan turut mempertahankan eksistensi Lampung Peduli dalam menghadapi persaingan dengan LAZDa dan LAZ cabang lain di Lampung. Maka strategi yang dibuat haruslah mampu mewakili tujuan organisasi tersebut dan efektif serta efisien Riska Dwi Kartapa dalam pelaksanaannya, karena lembaga ini bergerak dengan pemanfaatan dana dari zakat, infaq dan sedekah masyarakat Lampung. Hal inilah yang menarik penulis untuk meneliti bagaimana strategi kehumasan dalam kegiatan pengembangan Lampung Peduli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kehumasan dalam kegiatan pengembangan Lampung Peduli. Tipe penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan sampel purposif (purposive sampling), informan yang dipilih untuk data primer berjumlah dua orang yang merupakan pelaksana harian Lampung Peduli serta lima orang informan untuk mengetahui respon publik terhadap strategi kehumasan Lampung Peduli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, riset kepustakaan, dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan Lampung Peduli dalam menyusun strategi kehumasan, yaitu rapat koordinasi awal, koordinasi lanjutan, pelaksanaan stategi kehumasan, koordinasi akhir (evaluasi). Strategi kehumasan dilakukan dengan menggunakan media kehumasan dan pendekatan secara personal oleh para amil dan relawan. Strategi kehumasan Lampung Peduli untuk publik eksternalnya, yaitu; untuk calon donatur yang masih bersifat anonim dan tersebar luas strategi kehumasan yang dibuat adalah banner, baliho, Sajada, pin dan kolom mingguan di Lampung Post dan untuk donatur tetap adalah Dinar, direct mail, open hause, sms center yang berisi tausiah dan laporan arus kas serta melakukan pendekatan personal. Strategi kehumasan Lampung Peduli untuk publik internalnya, adalah rekreasi bersama di Dufan, pelatihan fundraising, family ghatering, rapat konsolidasi jum’at, pendekatan personal amil dan relawan dsb. Kata kunci : Strategi kehumasan, Lembaga Amil Zakat Abstract One field of communication science is public relations, this activity aims to give, build and maintain an image of other individuals or society in which individuals or institutions are located. This matter requires caution and prudence in a package the message that will be delivered in a public relations activities, in other words we need a special strategy in accordance with internal and external conditions at that time. Similarly, Lampung Peduli as one of LAZDa in Bandar Lampung, Lampung Peduli was established since 17 April 2001 to move independently under the auspices of the Foundation Endowments Lampung Peduli (YWLP). Lampung Peduli conducting public relations activities, as a form of responsibility to promote programs and activities to be carried out to the community, helped develop the internal cohesion of the organization and helped maintain the existence of Lampung Peduli in the face of competition from other branches LAZDa and LAZ in Lampung. The strategy is made must be capable of represent the goals of the organization and effective and efficient in its execution, because these institutions are moving to the use of funds from zakat, infaq and alms of Lampung society. This is an interesting writer to examine how public relations strategies in the development activities of Lampung Peduli. This study aimed to find out public relations strategy in the development activities of Lampung Peduli. This type of research used descriptive research is a qualitative approach. Determination of informants using purposive sampling, the informants who were selected for primary data are a two person who is executor of Lampung Peduli haily and five of the informants to find out public response to the public relations strategy Lampung Peduli. Data collection techniques used are in-depth interviews, library research, and direct observation. The results of this study indicate that the steps taken Lampung Peduli in public relations strategy, namely initial coordination meeting, continued coordination, implementation of PR strategy, coordination of the end (evaluation). Public relations strategy by using the media and public relations in a personal approach by the Amil and volunteers. Concern for public relations strategy external relation of Lampung Peduli, that is; to prospective new donors anonymous and widespread public relations strategy that made the banners, billboards, Sajada, pins and a weekly column in the Jakarta Post and for the regular donors the Dinar, direct mail, open hause , sms center that contains tausiah and cash flow statements and personal approach. Concern for public relations strategy internal public of Lampung Peduli, is common in Dufan recreation, training, fundraising, family ghatering, consolidation meeting Friday, the personal approach of amil and volunteers etc. Keywords: public relations strategy, Institution of Zakat

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:21
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir