PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG

0643031036, SURYA NINGSIH (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0643031036- ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0643031036-KESIMPULAN.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0643031036-PENDAHULUAN.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu. Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diantaranya adalah lingkungan keluarga siswa dan disiplin belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA UTAMA 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA UTAMA 2 Bandar Lampung sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 194 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 131 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA UTAMA 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 4,762 > t tabel = 1,978 dengan koefisien korelasi (r) 0,387 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,150 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga siswa sebesar 15,0%. 2. Ada pengaruh disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA UTAMA 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 7,606 > t tabel = 1,978 dengan koefisien korelasi (r) 0,556 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,310 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh disiplin belajar siswa di sekolah sebesar 31,0%. 3. Ada pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA UTAMA 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan F hitung 43,382 > F tabel dengan koefisien korelasi (R) 0,636 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,404 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga siswa dan disiplin belajar siswa di sekolah sebesar 40,4%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:24
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir