HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA (Studi pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung)

0716011007, Jenievia Alsa (2012) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA (Studi pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara interaksi sosial kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara interaksi sosial kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, studi pustaka dan wawancara. Pengolahan data menggunakan editing, koding, tabulasi serta interprestasi data. Teknik analisis data dengan uji validitas dan reabilitas dari hasil uji statistik yang menggunakan tabel tunggal, tabel silang, analisis korelasi produk moment dari program SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa besarnya nilai hubungan interaksi sosial kelompok teman sebaya (variabel x) terhadap perilaku konsumtif remaja (variabel y) adalah 0,622 yang artinya ada hubungan yang kuat antara kedua variabel, semakin tinggi tingkat interaksi sosial kelompok teman sebaya maka akan semakin tinggi juga perilaku konsumtifnya. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan tingkat perilaku konsumtif remaja laki-laki dan perempuan, Remaja perempuan memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif lebih tinggi dibandingkan remaja laki-laki. Remaja perempuan lebih impulsif karena banyak membelanjakan uangnya untuk kebutuhan penampilan seperti pakaian, kosmetik, aksesoris, tas dan sepatu. Diharapkan dengan penelitian ini, remaja dapat memanfaatkan interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya guna memotivasi siswa dalam belajar dan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan pribadinya. Kata Kunci : Remaja, Perilaku Konsumtif, Interaksi Sosial

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:30
Last Modified: 25 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item