UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X.1 SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543031035, NELI HATIANA (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X.1 SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. Judul dll.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SKRIPSI.pdf

Download (644Kb) | Preview

Abstrak

Siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung memiliki karakteristik aktivitas dan hasil belajar yang relatif rendah. Selama proses pembelajaran, keterlibatan siswa masih kurang, siswa masih pasif serta kurangnya variasi dalam menggunakan metode atau model pembelajaran ekonomi Sehingga perlu dilakukan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah”Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Ekonomi siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?’dan “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningktkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung yang berjumlah 40 siswa, dengan pembelajaran yang menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk menyusun tindakan selanjutnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. rata - rata persentase aktivitas belajar siswa sesuai dengan yang diamati saat pembelajaran pada siklus I yaitu sebesar 50,64% mengalami peningkatan dari ulangan harian siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada siklus II kembali mengalami peningkatan yang tinggi dengan persentase sebesar 62,66% dan pada siklus III kembali meningkat dengan persentase sebesar 72,21%. 1. Pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X.1 SMA Persada Bandar Lampung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata - rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 57,50% dengan nilai rata - rata kelas 61,75 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 62,50% dengan nilai rata - rata 64,00 dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 65,00% dengan nilai rata - rata kelas 69,00.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: tik9 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:46
Last Modified: 25 Jan 2016 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item