EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG T.P. 2010/1011

0713021044, Rini Kurniawati (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG T.P. 2010/1011. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0713021044-ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0713021044-KESIMPULAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0713021044-pendahuluan.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas sangat berpengaruh ter- hadap keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pem- belajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika adalah model pem- belajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah se- l uruh si swa kel as VIII SMP Negeri 5 Bandar l ampung t ahun pelajaran 2010/2011 yang terdistribusi dalam enam kelas. Dari enam kelas yang ada, dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih adalah VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasl analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 59,91, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional adalah 47,36.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:58
Last Modified: 25 Jan 2016 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19636

Actions (login required)

View Item View Item