PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN STRATEGI DISCOVERY INQUIRY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA

0713022042, MEGA ARTHA (2016) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN STRATEGI DISCOVERY INQUIRY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0713022042-abstrak.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0713022042-kesimpulan.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0713022042-pendahuluan.pdf

Download (50Kb) | Preview

Abstrak

Selama ini proses pembelajaran fisika yang dilakukan sering tidak mengajarkan aplikasi fisika serta menggunakan strategi belajar yang tidak berganti-ganti yang menyebabkan minat belajar dan penguasaan konsep fisika rendah. Padahal guru memberikan tugas untuk memaksa siswa mengulang kembali pelajaran yang telah disampaikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur dengan menggunakan strategi discovery inquiry pada pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur dengan strategi discovery inquiry terhadap penguasaan konsep fisika, (2) mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur dengan strategi discovery inquiry terhadap minat belajar siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara penguasaan konsep fisika dengan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas ekperimen (kelas X 7 ) dengan jumlah sampel 33 siswa. Pada awal penelitian diberikan soal penguasaan konsep dan angket minat belajar untuk mengetahui penguasaan konsep dan minat belajar awal siswa. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan strategi discovery inquiry dan diberikan lima tugas terstruktur, kembali diberikan soal penguasaan konsep dan angket minat belajar untuk mengetahui penguasaan konsep dan minat belajar akhir. Sehingga diperoleh data nilai tugas terstruktur, N-gain penguasan konsep, dan N-gain minat belajar yang kemudian diolah dengan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas terstruktur dengan strategi discovery inquiry terhadap penguasaan konsep fisika sebesar 17, 64%, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas terstruktur dengan strategi discovery inquiry terhadap minat belajar siswa sebesar 15, 84 %, dan (3) Ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara penguasaan konsep fisika dengan minat belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:00
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir