PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN METODE TANYA JAWAB BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN TANYA JAWAB KONVENSIONAL PADA SISWA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG 2010/2011

0713023001, AGUSTIAN KAHAR HIDAYAT (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN METODE TANYA JAWAB BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN TANYA JAWAB KONVENSIONAL PADA SISWA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713023001-abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023001-kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023001-pendahuluan.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru kimia di SMAN 16 Bandar Lampung didapatkan nilai rata-rata tes formatif materi pokok termokimia kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 63,94. Siswa yang mendapat nilai Hal ini terjadi karena selama ini metode yang digunakan adalah metode ceramah yang bersifat memberikan informasi saja dan kurang melibatkan siswanya dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan penguasaan konsep adalah metode tanya jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana perbandingan penguasaan konsep termokimia antara pembelajaran dengan metode tanya jawab berbasis keterampilan generik sains dengan tanya jawab konvensional ? 2) mana yang lebih tinggi di antara keduanya ? Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011 sejumlah 101 siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas. Sampel diambil Agustian Kahar Hidayat menggunakan teknik cluster random. Diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes-postes tak ekivalen. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan metode tanya jawab berbasis keterampilan generik sains dan metode tanya jawab konvensional. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep termokimia siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep termokimia antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode tanya jawab berbasis keterampilan generik sains dengan yang pembelajarannya menggunakan metode tanya jawab konvensional. Rata-rata penguasaan konsep termokimia siswa dengan pembelajaran menggunakan metode tanya jawab berbasis keterampilan generik sains lebih tinggi dari pada rata-rata penguasaan konsep termokimia siswa dengan metode tanya jawab konvensional.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir