TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PRODUK YANG DIPASARKAN DALAM BISNIS USAHA KECIL NON-FORMAL (Studi pada Ivan Bronies)

0642011350, Rommy Setiawan (2010) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PRODUK YANG DIPASARKAN DALAM BISNIS USAHA KECIL NON-FORMAL (Studi pada Ivan Bronies). Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Halaman Persetujuan.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. MOTTO.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Kata Pengantar.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak

Usaha kecil non-formal dalam bidang pembuatan makanan merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil yang belum terdaftar, belum tercatat, dan belum berbadan hukum. Dengan adanya bisnis usaha kecil non-formal seperti Ivan bronies yang bergerak dalam bidang pembuatan makanan yaitu bronies di lain pihak ternyata menimbulkan beberapa masalah bagi konsumen. Hal yang sering terjadi yaitu produknya (rusak, barang yang dijual melebihi tanggal kadaluarsa, tidak sesuai dengan standar ketentuan yang ditetapkan, tidak adanya tanggal produksi dan kadaluarsa). Hal-hal yang dilakukan oleh pelaku usaha tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, UndangUndang Pangan, dan Undang-Undang Kesehatan. Pada rumusan masalah penulisan ini yaitu bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha, tanggung jawab pelaku usaha terhadap ketidaksesuaian produk yang dipasarkan kepada konsumen, Upaya-upaya yang dapat dilakukan konsumen terhadap ketidaksesuaian produk yang dipasarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan yaitu studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara. Metode pengolahan data dilakukan dengan pemeriksaan data, penandaan data, rekontruksi data dan sistematisasi data. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa adanya beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh Ivan bronies yaitu pelanggaran dalam bentuk proses produksi makanan dan memperoleh informasi yang jujur dan benar, pelanggaran atas kenyamanan, keamanan dan kesehatan dalam mengkonsumsi makanan. Selain itu tanggung jawab Ivan bronies apabila terjadi ketidak sesuaian produk yang dapat merugikan konsumen yaitu tanggung jawab yang dibebankan kepada pelaku usaha berdasarkan kesalahan dan kelalaianya menurut Undang Undang Perlindungan konsumen, Undang-Undang Kesehatan, Undang-Undang Pangan. Selanjutnya dibahas mengenai penyelesaian sengketa terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Ivan bronies. Penyelesaian tersebut dapat dilakukan melalui Penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh melalui pengadilan (litigasi) atau di luar pengadilan (nonlitigasi). Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Bisnis Usaha Kecil Non-formal.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Prodi Ilmu Hukum S1
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:05
Last Modified: 25 Jan 2016 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item