nn, Haryo Sasmito (2010) PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Lampung). DigitalLibrary.
|
File PDF
ABSTRAC.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
isi.pdf Download (643Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Persaingan di dalam dunia pendidikan dewasa ini semakin ketat, hal ini menuntut lembaga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta untuk meningkatkan mutunya. Semakin beragamnya pilihan serta program yang ditawarkan membuat calon mahasiswa harus selektif di dalam memutuskan lembaga perguruan tinggi mana yang layak untuk dipilih. Oleh karena itu perguruan tinggi dituntut tidak hanya menawarkan jasa dalam bentuk fisik saja, tetapi juga melayani mahasiswa lebih profesional sehingga mereka merasa puas dan menyampaikan kepada rekannya untuk kuliah di perguruan tinggi tersebut. Ada berbagai masalah yang terjadi di Fakultas ekonomi Unila saat ini antara lain Ratio rata-rata dosen : mahasiswa 1 :38,4. Masih dibawah ideal (1:20). Dalam skripsi Mashudi (2004) diketahui bahwa rata – rata tingkat kepentingan (importance) mahasiswa adalah 80,808, dibawah rata – rata tingkat kinerja (performance) jurusan, sebesar 54,64. Sering terganggunya akses siakad karena listrik sering mati, fasilitas kampus yang kurang memadai, menjadi kendala yang harus diperbaiki kedepan. Ada banyak hal yang mempengaruhi penilaian konsumen terhadap puas atau tidaknya ia akan produk atau jasa yang diperolehnya. Salah satu hal tersebut adalah perceived value. Selama tidak ada pengukuran value jangka panjang atas gelar yang disandang para lulusannya jangan harap diketahui dengan jelas apakah pendidikan di sekolah bisnis yang mahal itu betul-betul bermanfaat. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Universitas Lampung sebagai bagian dari dunia pendidikan dirasa perlu untuk melakukan pengukuran seberapa signifikan pengaruh Perceived Value terhadap kepuasan konsumennya. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah ada pengaruh dari dimensi perceived value terhadap kepuasan mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dimensi-dimensi yang dimiliki dari perceived value terhadap kepuasan mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah Perceived Value berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa (S1 Reguler) Fakultas Ekonomi Universitas Lampung angkatan 2005-2007, dengan menggunakan teknik sampling acak stratifikasi dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh sebanyak 94 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa perceived value berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari 6 dimensi ada 5 dimensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. yaitu bahwa Functional value; want satisfaction (X1) signifikan pada probabilitas 0.003, Image (X3) signifikan pada probabilitas 0.017 ,Emotional Value (X4) signifikan pada probabilitas 0,037, Functional Value; Price/Quality (X5) signifikan pada probabilitas 0,001, Social Value (X6) signifikan pada probabilitas 0,043. Sedangkan 1 dimensi Perceived Value yang lain, Epiestemic Value (X2) signifikan pada probabilitas dan 0.108 Artinya dimensi tersebut berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji ketepatan model regresi binary logistic dengan uji Hosmer and Lemeshow 0.769. Angka tersebut lebih besar dari 0.05 maka Ho diterima. Nilai nagalkerke R2 sebesar 0.879. Artinya Perceived Value mampu mempengaruhi kepuasan konsumen (Y) sebesar 87,9% sedangkan sisanya sebesar 12,1 % dipengaruhi oleh dipengaruhi oleh variabel lain di luar model tersebut. Saran yang bisa diberikan pada Fakultas Ekonomi adalah diharapkan pihak fakultas dapat menyesuaikan materi kuliah yang lebih bersifat aplikatif dengan kebutuhan dalam dunia kerja, misal dengan cara melakukan kunjungan ke perusahaan, atau mendatangkan praktisi dari luar kampus (perusahaan) sebagai pemateri/dosen tamu. Menambah jumlah dosen minimal 95 orang untuk mencapai rasio ideal mahasiswa : dosen yaitu 1:20, serta meningkatkan kualitas dosen dengan cara memberi pelatihanpelatihan bagi dosen, melakukan studi banding,dan memperbanyak penelitianpenelitian. Abstrak Competition in education institution had been increasingly tight, this will require higher education institutions, both public and private sectors to improve their quality. More diverse options and programs offered to make prospective students must selective in deciding which university institution eligible to be selected. Therefore, universities are required not only offer services in physical, but also serve students more professional so that they feel satisfied and convey to his colleagues to study at university. There are various problems that occur in the current Faculty of Economic Unila, including the average ratio of faculty: student 1: 38.4. Still below the ideal (1:20). Average level of importance (importance) of students is 80.808, below - average level of performance (performance) majors, 54.64. Discruption of SIAKAD access because of electricity problems, inadequate campus facilities, a constraint that must be corrected in the future. There are many things that affect consumers' assessment of satisfaction or whether he will obtain the product or service. One of these is the perceived value. As long as there is no measurement of long-term value to the title that carried its graduates clearly do not expect to know whether education in an expensive business school was really helpful. Therefore, the Faculty of Economic, University of Lampung as part of the education necessary to measure how significant the effect of Perceived Value to the customers' satisfaction. This study aimed to investigate the influence of the dimensions of the perceived value of owned student satisfaction Regular S1 Faculty of Economic, University of Lampung. The hypothesis is Perceived Value significantly influence students satisfaction in the Faculty of Economic University of Lampung.The population in this study were students (S1 Regular) Faculty of Economic University of Lampung, graduate 2005 to 2007, using stratified random sampling technique and the sample size is 94 respondents. This analysist use logistic regression. Based on the testing that has been done, it can be concluded that perceived value has a significant on customer satisfaction. functional value; want satisfaction (X1) is significant at the probability 0003, Image (X 3) is significant at 0017, Emotional Value (X 4) is significant at 0.037, Functional Value, Price / Quality (X5) is significant at 0.001, Social Value (X 6) significant at 0.043. Meanwhile, one other dimension of Perceived Value, Epiestemic Value (X2) significant at the probability 0.108. It means these dimensions are not significantly influence on customer satisfaction. Test the accuracy of binary logistic regression model with the test of Hosmer and Lemeshow 0.769, this figure is greater than 0.05 then Ho is accepted. The value of R2 nagalkerke at 0879. It means that Perceived Value is able to influence consumer satisfaction (Y) 87.9% while 12.1% influenced by other variables outside the model. Advice can be given of expected the economy to adjust faculty lectures that are more applicable, eg by carrying out visits to the company, or bring in practitioners from outside the campus (the company) as a speaker / guest lecturer. Increase the number of lecturers at least 95 people to achieve the ideal ratio of students: lecturers are 1:20, and improving teacher quality by giving training for lecturers, conducting comparative studies.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | tik 16 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 08:08 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 08:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19758 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |