PERAN MULI-MEKHANAI TERHADAP PROMOSI PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG (Terkait Dengan Program Visit Lampung Year 2009)

Nn, Andinna MArtadinova (2012) PERAN MULI-MEKHANAI TERHADAP PROMOSI PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG (Terkait Dengan Program Visit Lampung Year 2009). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang memesona serta mempunyai keunikkan dan nilai adat istiadat yang potensial untuk dikembangkan yang pada saatnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat daerah, oleh sebab itu provinsi Lampung giat melakukan promosi dalam bidang kepariwisataan. Salah satunya dengan melaksanakan program Visit Lampung Year pada tahun 2009. Salah satu event berskala nasional bahkan internasional yang diselenggarakan adalah Festival Krakatau. Dalam rangkaian festival tersebut terdapat atraksi dan seni pertunjukkan budaya, mulai dari pagelaran hasil alam, kerajinan, kesenian, sampai ajang pemilihan Muli dan Mekhanai Lampung. Muli dan Mekhanai merupakan sebutan bagi bujang dan gadis Lampung, merupakan putra-putri pilihan yang telah melalui proses seleksi dan penilaian di dalam rangkaian pemilihan Muli-Mekhanai Lampung. Seiring kiprahnya di dunia pariwisata yang dimulai pada tahun 1995, muncul opini di dalam masyarakat bahwa pemilihan Muli-Mekhanai hanyalah sebuah program normatif dan simbolik yang implementasinya masih belum maksimal. Jika dibandingkan dengan pemilihan putra-putri daerah serupa di daerah lain, misalnya Abang-None Jakarta, masih terdapat perbedaan yang jauh dilihat dari segi pengemasan acara, prestasi, serta hasil karya putra-putri daerah tersebut. Lantas bagaimanakah peran Muli-Mekhanai sebagai duta pariwisata Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran Muli-Mekhanai terhadap promosi pariwisata Provinsi Lampung terkait program Visit Lampung Year 2009 serta mengetahui kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis komunikasi antar pribadi yang ditinjau dari aspek kompetensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa Muli-Mekhanai adalah icon pariwisata Provinsi Lampung yang berperan sebagai representative (duta daerah) yang bertugas untuk mempromosikan Provinsi Lampung. Dengan kompetensi berdasarkan tuntutan kriteria ideal yang dimiliki, Muli-Mekhanai dapat benar-benar menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai duta daerah dalam membantu pemerintah provinsi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui Visit Lampung Year 2009. Abstract Lampung province is one of the provinces in Indonesia which has natural potential resources and cultural uniqueness, so that the Lampung province and government encourages actively in developing its tourism sector. One of the implementation of Lampung tourism promotion program is the program of Visit Lampung Year 2009, which all events are included to hold through the year of that promotion. The core event called Krakatau Festival. There are several events which support for Krakatau Festival, such as art and cultural performance, handicraft exhibition, Krakatau tour, a tour of visiting Krakatau Volcano, and the Muli-Mekhanai selection contest. Muli is a girl or not-married-yet woman of Lampung, whereas Mekhanai is for a boy. Since the first time Muli-Mekhanai contest held in 1995, many opinions have raised that the program of Muli-Mekhanai contest are not well managed. There are several differences between Lampung Muli-Mekhanai selection and other region selection. Most of events are lakes of clear conception, low achievement and good implementation the consequence, Muli-Mekhanai cannot play their role as maximum as they could in promoting Lampung tourism. So that how far the role of MuliMekhanai in promoting Lampung tourism. This research is intended to know the role of Muli-Mekhanai in promoting Lampung tourism in relation with the program of Visit Lampung Year 2009. The writer uses qualitative research method especially for interpersonal communication type that assess from competency aspects. Based on the research done the writer concluded that the Muli-Mekhanai is the icon of Lampung tourism which can be a representative for Lampung province tourism promotion. Having good competency in communicating and promoting Lampung tourism, Muli-Mekhanai can play their important expected role as a representative of their region, especially in helping the Lampung government to raise the tourism visitors by the Visit Lampung Year 2009 program.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:09
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir