UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 BUMIRATU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NN, PAWIT HS (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN 2 BUMIRATU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
F-1 (Analisis Situasi).pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
F-2 (Rancangan PTK).pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
F-3 (Hasil Siklus 1 PTK).pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
F-4 (Hasil Siklus 2 PTK).pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
F-5 (Simpulan dan Rekomendasi).pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PTK REVISI HASIL UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (992Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tinggi rendahnya hasil belajar siswa merupakan cermin dari kemampuan siswa dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Hilgard (dalam Nasution, 2005: 88) mengatakan bahwa hasil belajar yang baik dapat dicapai bila siswa aktif mengolah dan mencernak bahan pelajaran dan tidak mendengar saja. Oleh sebab itu perlu adanya upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar siswa karena metode yang digunakan guru pada mata pelajaran matematika kurang menarik, sehingga materi yang telah disampaikan sulit untuk diingat. Sardiman (1994: 98) menyatakan bahwa aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar mempunyai peranan yang sangat penting. Dalam belajar sangat diperlukan adanya aktivitas belajar. 4 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Bumiratu semester genap tahun pelajaran 2009/2010 selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Prosentase aktivitas siswa terhadap pembelajaran meningkat 17,4% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rerata aktivitas siswa 68,2% kategori baik, dan siklus II nilai rerata aktivitas siswa 85,6% kategori sangat baik; (2) Nilai rerata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rerata hasil belajar siswa 6,5 kategori cukup dan siklus II nilai rerata hasil belajar siswa 7,5 kategori baik. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:09
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir