SIKAP MASYARAKAT KOTA PALEMBANG TERHADAP PEMINDAHAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) PASAR 16 ILIR PALEMBANG KE PASAR RETAIL JAKABARING

NN, Chandra Rossi (2012) SIKAP MASYARAKAT KOTA PALEMBANG TERHADAP PEMINDAHAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) PASAR 16 ILIR PALEMBANG KE PASAR RETAIL JAKABARING. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Ican Jadi SIKAP Abis Kompre.pdf

Download (1045Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Pasar merupakan tempat pemenuhan kebutuhan primer masyarakat, tidak terkecuali masyarakat yang berada di Kota Palembang. Keberadaan pasar yang semakin menjamur di Kota Palembang semakin memenuhi sudut Kota Palembang dengan 22 buah pasar. Pasar yang terbesar adalah Pasar 16 Ilir Palembang yang memiliki luas tanah 1.283 m2. Melihat kondisi pasar yang semakin hari semakin ramai maka membuat para pedagang beralih berjualan di pasar ini, namun bangunan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Palembang tidak mencukupi untuk menampung pedagang-pedagang kaki lima yang bermunculaan. Pedagang yang tidak tertampung ini menciptakan daerah di sekitar Pasar 16 khususnya di bawah Jembatan Ampera menjadi kotor dan kumuh. Melihat kondisi ini Pemerintah Kota Palembang berinisiatif memindahkan pedagang kaki lima ke pasar yang baru yaitu Pasar Retail Jakabaring. Pemindahan pedagang kaki lima inilah yang menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai kalangan. Chandra Rossi Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap masyarakat Kota Palembang terhadap pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap masyarakat Kota Palembang terhadap pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring. Adapun yang diukur dari penelitian ini adalah sikap masyarakat yang dilihat dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palembang yang berusia 17-57 tahun. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Yamane sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan rumus Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, tabulasi, dan koding. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan penyajian data menggunakan tabel tunggal. Hasil penelitian dapat diketahui dari aspek kognitif 100 responden, didapat 45% responden memiliki pengetahuan yang baik terhadap pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring. Dari aspek afektif 68% responden memilih setuju dengan pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir ke Pasar Retail Jakabaring, sedangkan dari aspek konatif diketahui 47% responden berperilaku sangat positif dalam menindaki pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring. Abstract Market is a place of society fill, included the society of Palembang City. The market in this city is very fast growth and have full the corner of Palembang City with 22 markets in this city. The biggest market is 16 Ilir Market have 1.283m2. Looking for condition the market has growth make the trader sell their product in this place, however the building was prepare by Palembang City Government did not enough for accommodate the sidewalk trader. The trader not be accommodate has make dirty place in the 16 Ilir Market and specially at under Ampera Bridge. Looking for condition, Palembang City Government have initiative for moving the sidewalk trader to a new market who called Retail Market of Jakabaring. The moving of sidewalk trader has appeared a reaction from anyone. The matter of this research was how respons of society in Palembang City of moving sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring? The direction of this research was to know response of society in Palembang City of moving the sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market. The item that Chandra Rossi measured from this research was a response of society that able to know from cognitive, affective, and conative aspect. This research used the method of descriptive research. Population in this research was society in Palembang City has had age 17 to 57 years old. The sample will fixed by using Yamane Formula and then 100 persons that taken by Purposive Sampling. The method of collective data used was questioners, interviews, and documentations. Data processing of method that used was editing, tabulating and coding. The method of data analyze that used was a quantitative analyze by showing data used single table. The result of the research was able know from aspect cognitive 100 respondents, in fact 45% respondents have had good knowledge to a moving the sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market. From affective aspect 68% respondents chose pro in responding a moving the sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market, while from conative 47% respondents were very positive attitude in response a moving the sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:16
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir