EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MENGOPER BOLA DALAM BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT BERMAIN (BOLA PLASTIK) DAN MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII C SMPN 2 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN.

NN, RONI OKIADI (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MENGOPER BOLA DALAM BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT BERMAIN (BOLA PLASTIK) DAN MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII C SMPN 2 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. COVER RON I.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan gerak dasar mengoper bola dalam bermain sepakbola melalui modifikasi alat bermain (bola plastik), dan memberikan teknik dalam mempelajari gerak dasar mengoper bola untuk meningkatkan kemampuan dasar mengoper bola dalam bermain sepakbola melalui modifikasi alat bermain dan model pembelajaran di SMPN 2 Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan tiga siklus, setiap siklus memiliki kegiatan yang berbeda melalui modifikasi bola plastik dan model pembelajaran dalam melatih ketrampilan gerak dasar mengoper bola. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Merbau Mataram, Lampung Selatan, yang berjumlah 36 siswa. Siklus pertama dengan perlakuan mengoper bola secara perpasangan (2 siswa) dengan 18 bola, siklus kedua diberikan pembelajaran dengan menggunakan model bujur sangkar berpindah dengan 9 bola, masing-masing kelompok 4 siswa, siklus ketiga dengan menggunakan model bintang beralih menggunakan 6 bola dengan masing-masing kelompok 6 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan (observasi langsung) tentang keterampilan gerak dasar mengoper bola dengan bola plastik meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan gerak akhir. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan ketrampilan mengoper bola melalui model berpasangan, model bujur sangkar berpindah, model bintang beralih, dengan variasi jumlah bola dan jumlah siswa perkelompok, pada masing-masing setiap siklus. Tingkat efektivitas siklus I sebesar 13, 298; pada siklus II sebesar 36,170; dan pada siklus III sebesar 50,532. Sedangkan persentase ketuntasan belajarnya Siklus pertama sebesar 41,667 %, siklus kedua 58,333 %, dan siklus ketiga mencapai 91,667 %.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:18
Last Modified: 25 Jan 2016 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item