PENGARUH EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA BANDAR LAMPUNG

NN, ANDI MULYA (2012) PENGARUH EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT Inggris & Indonesia.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstract Efektivitas Program merupakan pengukuran terhadap ketercapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya.Suatu program dapat dikatakan efektiv jika output sama atau sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan. Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam pelaksanaannya memiliki tujuan untuk peningkatan mutu pendidikan yang dapat terlihat dari ketersediaan sarana dan prasarana yang berkualitas, mutu tenaga kependidikan dan proses pembelajaran yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar pengaruh efektivitas program BOS terhadap mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandar Lampung. Data Primer diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada responden pengelola program BOS tingkat SMP dengan menggunakan teknik cluster random sampling (teknik random atas dasar kluster / kelompok). Sebaran kluster terdapat pada tiga kecamatan di Kota Bandar Lampung yakni kecamatan yang dikelompokkan berdasarkan kategori kemiskinan wilayah yaitu Kecamatan Teluk Betung Barat, Kedaton dan Kecamatan Tanjung Karang Pusat dengan jumlah sampel sebanyak 35 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk menentukan besaran efektivitas program BOS terhadap mutu pendidikan SMP digunakan analisis Regresi Linier Sederhana / Tunggal dengan menggunakan program SPSS. Ver. 14.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, besaran regresi (Uji-t) dengan nilai t hitung efektivitas program BOS sebesar 2,740 lebih besar dari t tabel 2,035 (thitung > ttabel,) , dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 dan derajat kebebasan (dk) sebesar dk = n – k - 1 atau 35 – 1 - 1 = 33 dan nilai R Square (R²) sebesar 0,185. Hal ini menunjukkan bahwa besaran pengaruh efektivitas program BOS terhadap mutu pendidikan SMP sebesar 18,5 %, yang berarti sebesar 81,5 % komponen pembiayaan program BOS belum teralokasi untuk peningkatan mutu pendidikan SMP di Kota Bandar Lampung. Kata kunci : Efektivitas Program, Mutu Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Abstract Program effectiveness is measured against objectives that have been in set. Effective programs can be said if the output is equal to or in accordance with the objectives that have been set. Program School Operational Assistance in its implementation have the goal of improving the quality of education that can be seen from the availability of facilities and quality infrastructure, quality of staff and a good learning process. This research is intended to measure how much influence the effectiveness of the Program School Operational Assistance of educational quality Secondary School in the city of Bandar Lampung. Primary data obtained through questionnaires given to respondents Program School Operational Assistance managers junior level using cluster random sampling technique. Distribution of clusters found in three districts in the city of Bandar Lampung districts which are grouped by categories namely regional poverty, West Teluk Betung District, Kedaton District and Center Tanjung Karang District with 35 samples of Secondary School. To determine the magnitude of the Program School Operational Assistance effectiveness of the quality of school education is used Simple Linear Regression analysis or Singles by using SPSS program. Ver. 14.0. Research results show that, the amount of regression (test-t) t value calculated for the Program School Operational Assistance effectiveness is greater than 2.740 t table 2.035 with a significance value of 0.010 and degrees of freedom (df) for df = n - k - 1 or 35 - 1 - 1 = 33 and the value of R Square (R ²) of 0.185. This shows that the magnitude of the Program School Operational Assistance effectiveness influence the quality of school education for 18.5%, which means that 81.5% of the financing components of the Program School Operational Assistance has not allocated to improving the quality of school education in the city of Bandar Lampung. Keywords: Effectiveness of Programs, Quality Education, Junior Secondary School

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 12:48
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 12:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir