PENGGUNAAN TRANSISI PADA NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA

0713041053, Zul Kifli (2016) PENGGUNAAN TRANSISI PADA NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713041053-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713041053-kesimpulan.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713041053-pendahuluan.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah penggunaan transisi pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan implikasinya pada pembelajaran menulis di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan transisi pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan implikasinya pada pembelajaran menulis di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, ditemukan penggunaan transisi yang berupa kata dan frasa. Transisi yang ditemukan terdiri atas kata dan frasa transisi yang berupa konjungsi dan bukan konjungsi. Kata dan frasa transisi yang ditemukan tergolong menjadi kata dan Zul Kifli frasa transisi yang berupa konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat, sedangkan yang berupa konjungsi antarparagraf tidak ditemukan. Penggunaan transisi yang ditemukan sebanyak 2457 dengan ketepatan sebanyak 1540 dan ketidaktepatan sebanyak 917. Ketepatan dan ketidaktepatan penggunaan transisi dilihat berdasarkan (1) penanda hubungannya dan (2) kaidah penulisannya sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Penggunaan kata transisi yang paling banyak ditemukan pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy ialah kata transisi yang berupa konjungsi intrakalimat dengan bentuk kata transisi dan sebanyak 1089. Penggunaan kata transisi yang paling sedikit adalah kata transisi yang berupa konjungsi intrakalimat (dengan bentuk kata transisi selama, selesai, dan sesudah) dan kata transisi yang bukan konjungsi (dengan bentuk kata transisi berikutnya, pertama, akibatnya, dan contohnya) sebanyak 1. Penggunaan transisi yang banyak ditemukan pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy ialah kata transisi dan, jika, kalau, dan seperti.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:18
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir