PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS VI A SDN I TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009 / 2010

0713056106, HERNAWATI (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS VI A SDN I TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009 / 2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713056106-abstrak.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713056106-kesimpulan.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713056106-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan awal, aktivitas belajar siswa kelas VI A SDN I Tanjungsari khususnya mata pelajaran IPA sangat rendah. Hal itu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif penyelesaiannya adalah dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw. Alam dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI A di SDN I Tanjungsari Kecamatan Natar Kabupaten cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes formatif. Adapun prosedur penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan ( planning ), melaksanakan rencana tindakan persiklus ( acting ), pengamatan dan pencatatan ( observing ), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang menggunakan statistik sederhana, hasil aktivitas belajar meningkat dari siklus pertama 35,50% siswa tidak aktif menjadi berkurang dan tinggal 9,70 % pada siklus kedua. Dan hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari siklus kesatu siswa yang tidak mencapai KKM 35,50 % dan pada siklus kedua siswa yang tidak mencapai KKM 0%. Berdasarkan data data yang disebutkan di atas, ditarik kesimpulan bahwa : model cooperative learning meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VI A pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 1 Tanjungsari terbukti.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:19
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20177

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir