EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS IKAN PATIN (Pangasioniodon hypophthalmus) TERHADAP INFEKSI BAKTERI Aeromonas salmonicida

0514111036, Setyo Budi Raharjo (2012) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS IKAN PATIN (Pangasioniodon hypophthalmus) TERHADAP INFEKSI BAKTERI Aeromonas salmonicida. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (362Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
I. PENDAHULUAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
III. METODE PENELITIAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
IV. HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf

Download (387Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
V. SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ikan patin (Pangasionodon hypophthalmus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan, sebagai ikan hias maupun ikan kosumsi, sehingga kegiatan usaha budidaya berkembang pesat. Salah satu penyakit ikan yang menjadi masalah dalam budidaya ikan patin adalah serangan bakteri Aeromonas salmonicida. Selama ini, penanggulangan penyakit pada budidaya umumnya menggunakan antibiotik. Pemakaian antibiotik sebagai obat utama dalam penanganan suatu penyakit akan menimbulkan resistensi dari bakteri penyebab penyakit. Salah satu bahan alami yang berpotensi sebagai bahan antibakteri adalah daun ketapang (Terminalia cattapa L.). Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari efektivitas ekstrak daun ketapang (Terminalia cattapa L.) sebagai peningkatan imunitas ikan patin terhadap infeksi bakteri A. salmonicida. Parameter utama yang diamati adalah pengamatan uji darah yang terdiri dari perhitungan total leukosit dan diferensial leukosit, serta parmeter pendukung yang diamati adalah gejala klinis, respon makan ikan, dan pengamatan bobot rata-rata ikan. Leukosit merupakan sel yang berperan penting dalam sistem pertahanan seluler tubuh. Peningkatan yang terjadi pada leukosit ini diakibatkan meningkatnya jumlah neutrofil dan monosit, sehingga neutrofil dan monosit sangat berperan besar dalam meningkatkan respon ketahanan tubuh ikan uji terhadap infeksi bakteri A. Salmonicida. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsentrasi ekstrak daun ketapang 100 mg/ml adalah konsentrasi yang paling baik digunakan untuk meningkatkan imunitas ikan patin terhadap infeksi bakteri A. salmonicida. Kata kunci : Aeromonas salmonicida, daun ketapang (Terminalia cattapa L.), ikan patin.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:22
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir