Nn, Siddiq Dharmadi (2010) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 04 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I - III.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV - V.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR Gambar.pdf Download (3808b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN AWAL.pdf Download (133Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 04 Metro Utara, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 04 Metro Utara dan sekaligus meningkatkan hasil belajarnya melalui penggunaan media gambar pada pokok bahasan menghargai dan menaati keputusan bersama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat, sedangkan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar yang terdiri dari evaluasi pre test dan evaluasi post test. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Data yang ditemukan setelah penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I (47.84 %), siklus II (54.73 %), dan siklus III (61.20 %) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (58.08 %), siklus II (69.11 %), dan siklus III (77.025 %) sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (5.33), siklus II (7.11), dan siklus III (7.62). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 04 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa walaupun pencapaian nilainya belum istimewa. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, media gambar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:23 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20233 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |