PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NN, Karimah Astri (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak imah fix.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak imah_english.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA ima.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DATA DIRI MAHASISWA.pdf

Download (3361b) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Menulis karangan merupakan kegiatan mengoordinasikan ide ke dalam rangkaian kalimat yang logis dan terpadu. Menulis karangan merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Namun fakta di lapangan mengatakan bahwa siswa sering kali tidak bisa mengembangkan visualisasi menjadi sebuah karangan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan media gambar yang diharapkan dapat mempermudah siswa mendeskripsikan visualisasi ke dalam karangan. Metode penelitian yang dipergunakan ialah penelitian tindakan. Objek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas IV SD Negeri 1 Panjang Selatan Tahun Pelajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 61 siswa. Kelas IVA berjumlah 31 siswa dan kelas IVB sebanyak 30 siswa. Data kemampuan mengarang siswa diambil melalui tes tertulis setelah pembelajaran dengan menggunakan media gambar.. Penelitian tindakan dilakukan dalam tiga siklus. Siklus I tindakan yang dilakukan ialah menggunakan media gambar denah sekolah sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan refleksi Siklus I masih memiliki kelemahan yaitu media gambar denah sekolah yang dipergunakan dalam pembelajaran masih terlalu luas maka pada Siklus II menggunakan media denah. Berdasarkan refleksi siklus II, media gambar yang digunakan masih memiliki kelemahan yaitu denah yang gambar denah yang digunakan belum dikenal siswa dan belum memiliki tanda-tanda arah yang lengkap sehingga siswa kesulitan dalam merangkaikan ide, oleh sebab itu pada Siklus III dilaksanakan menggunakan media gambar denah daerah yang sudah dikenal disertai penunjuk arah yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata hasil tes menulis karangan deskripsi berdasarkan media gambar siswa kelas IVA siklus I sebesar 69,2, 72 (siklus II), dan 74,8 (siklus III). Hasil tes menulis kelas IVB SD Negeri 1 Panjang Selatan tahun pelajaran 2009/2010 adalah 65,1 (siklus I), 69,3(siklus II), dan 73,8 (siklus III). Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan pada menulis karangan deskripsi. Disimpulkan bahwa media gambar denah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia, serta memilih media gambar denah daerah yang sudah dikenal sebagai media pembelajaran yang tepat. Kata Kunci: Penelitian Tindakan, Media Gambar Denah. Abstract Writing essays is an activity to coordinate ideas into logical and integrated sentences. Writing essays is one of the language skills which have to be possessed by students. But, in the facts, the students often can not develop their visualizations into an essay. This problem can be overcome by using the media image that expected to facilitate the students to describe their visualization into an essay. This research uses an action research method. The objects of this research are the 61 students of fourth grader students of SDN 1 Panjang Selatan at school year 2009/2010 They are 31 students of IVA class and 30 students of IVB class. The data of student's writing skill retrieved thru a written test after learning using images media. Action research conducted in three cycles. Cycle I, using the school lay out image as a medium of Indonesian teaching. Based on reflection of Cycle II, the image which used in this research has a weakness; it isn’t known by students and has no complete directions, so the students difficult to arrange their ideas. Therefore, at Cycle III, research is run using the known image medium which has complete directions. The result shows that total average value (mean) of descriptive essay writing test based on images media are: Class IVA: 69.2 (Cycle I), 72 (cycle II), and 74.8 (cycle III). Whereas, the writing test of Class IVB of SDN 1 Panjang Selatan in school year 2009/2010 are 65.1 (Cycle I), 69.3 (Cycle II), and 73.8 (Cycle III). Based on the research, there is a significant improvement occurred on student’s description essay writing skill. Concluded that images media can be used as medium in writing of Indonesian essay and use the known image medium as an appropriate learning media. Keywords: Action Research, Images media.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir